Anda perlu waspada, ini gejala Covid-19 yang menandakan long covid

Kamis, 07 Oktober 2021 | 19:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Anda perlu waspada, ini gejala Covid-19 yang menandakan long covid

KONTAN.CO.ID - Pasien yang terus mengalami gejala Covid-19 dalam jangka waktu lama biasa disebut long covid. Umumnya, ciri-ciri virus corona tetap bertahan selama beberapa minggu atau beberapa bulan, walau Anda sudah dinyatakan sembuh.

Meski tak terlalu berbahaya dan tetap bisa diatasi, Anda perlu memerhatikan kondisi tubuh Anda. Jangan sampai gejala-gejala virus corona semakin mengganggu kegiatan Anda sehari-hari. 

Mengutip dari Eatthis.com, kelelahan kronis adalah salah satu gejala Covid-19 yang paling sering dialami oleh banyak orang. Selain merasa mengantuk terus-menerus, Anda juga mengalami kesulitan untuk berkegiatan.

Virus corona menyerang sistem pernapasan Anda. Maka dari itu, salah satu gejala Covid-19 yang bisa Anda alami dalam jangka waktu lama adalah sesak napas.

Namun, sesak napas juga bisa terjadi karena kondisi kesehatan yang lain. Jadi, jangan ragu untuk membicarakannya ke dokter. Rutin mengonsultasikan kondisi tubuh ke dokter juga bisa Anda lakukan.

Baca Juga: Cara mengembalikan penciuman pasca sembuh dari Covid-19, jangan panik ya

Sesak nafas termasuk gejala Covid-19.

Tidak hanya kelelahan kronis dan sesak napas, long covid juga ditandai dengan nyeri otot. Biasanya, nyeri otot juga dibarengi dengan demam dan gangguan pada sistem saraf. Akibatnya, Anda juga bisa mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi.

Sampai saat ini, belum ada obat khusus yang bisa digunakan untuk mengobati gejala Covid-19 dalam jangka waktu lama. Untuk mendapat perawatan yang tepat, Eatthis.com merekomendasikan Anda perlu membicarakan kondisi Anda dengan dokter.

Supaya Anda tidak terinfeksi virus corona, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Pertama, lakukan protokol kesehatan secara disiplin. Mulai dari selalu pakai masker, jaga jarak dengan orang lain, dan menjaga kebersihan tangan memakai sabun dan air mengalir.

Tidak berhenti sampai di situ, Anda perlu mendapat suntikan vaksin Covid-19. Apabila tidak ada kondisi kesehatan atau faktor lain yang menghambat Anda untuk mendapat vaksinasi, jangan ragu untuk segera mendapatkannya, ya.

Selanjutnya: Cara mencegah virus corona, pakai masker yang benar

Editor: Belladina Biananda
Terbaru