O

​Apa arti Gong Xi Fa Cai? Bukan Selamat Tahun Baru Imlek, inilah maknanya

Kamis, 11 Februari 2021 | 12:48 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​Apa arti Gong Xi Fa Cai? Bukan Selamat Tahun Baru Imlek, inilah maknanya

ILUSTRASI. Seorang pekerja menyiapkan hiasan lampion Imlek untuk menghiasi kota di Posko Pemadam Kebakaran Panca Bhakti, Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (9/2/2021).


KONTAN.CO.ID - Imlek atau Tahun Baru China 2021 tahun ini jatuh pada Jumat, 12 Februari. Tahun Baru Cina akan berlangsung selama 15 hari berturut-turut dan berakhir dengan Festival Lentera. 

Biasanya, beberapa daerah akan menyalakan kembang api, melakukan parade, barongsai, yang bisa ditemukan di jalan-jalan kota besar.

Gong xi fa cai adalah ucapan paling umum saat perayaan Imlek. Lantas, apa arti gong xi fa cai?

Arti Gong Xi Fa Cai 

Arti gong xi fa cai saat Imlek 2021

Baca Juga: Apa sektor usaha dan profesi yang bakal bernasib baik di Tahun Kerbau Logam?

Baca Juga: Inilah produk penyimpan camilan harga hemat di katalog promo Tupperware Februari

Dikutip dari The Star, gong xi fa cai artinya secara harfiah adalah selamat mendapatkan lebih banyak kekayaan atau kemakmuran. Hal itu diungkapkan oleh dosen senior Departemen Chinese Studies Universitas Malaya Prof Dr Yam Kah Kean. 

Dia mengatakan, ada yang percaya istilah gong xi fa cai lebih fokus terhadap keuntungan materi daripada semangat kebersamaan di Tahun Baru China.  Sehingga, banyak kalangan lebih suka mengucapkan kata Xin Nian Kuai Le yang artinya Selamat Tahun Baru di momen Imlek. 

Xin nian kuai le adalah cara untuk mengucapkan selamat tahun baru dalam bahasa Cina kepada teman tanpa merujuk uang, finansial, atau materi. Kuai le berarti bahagia atau gembira, dan xin nian berarti tahun baru. 

Selain itu, ada beberapa ucapan Imlek tahun 2021. Dikutip dari laman News.cgtn.com, di antaranya adalah Chun Jie Kuai Le atau Selamat Festival Musim Semi!. 

Kemudian, Xin Xiang Shi Cheng yang berarti semoga keinginan Anda menjadi kenyataan. Anda mendoakan agar orang-orang yang Anda kasihi mendapatkan keinginannya tahun ini.

Serta, ada pula Yi Fan Feng Shun yang artinya pelayaran lancar. Makna ucapan tersebut dapat diartikan sebagai kelancaran dalam mengarungi pasang surut kehidupan. 

Selanjutnya: Libur imlek, Kadin imbau karyawan swasta tunda perjalanan jauh

 

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru