Apa Arti Jet Lag dalam Kesehatan? Ini Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Selasa, 26 Desember 2023 | 08:35 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Apa Arti Jet Lag dalam Kesehatan? Ini Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

ILUSTRASI. pusing saat bangun tidur


KESEHATAN - JAKARTA. Kenali apa arti Jet Lag pada koneks kesehatan yang menimpa siapa saja. Kondisi kesehatan dan psikologis seseorang dapat berubah saat mengalami perjalanan jauh yang ditempuh.

Kata Jet Lag mengacu pada kondisi suatu keterlambatan perjalanan menggunakan moda transportasi pesawat. Lalu, penggunaan kata Jet Lag diterapkan untuk seseorang yang mengalami masalah kesehatan dalam perjalanan.

Perubahan kondisi tubuh ini menyebabkan gangguan irama tubuh dan psikologis seseorang yang kemudian disebut sebagai Jet Lag. Kondisi ini dapat memengaruhi pola tidur, kelelahan, dan keseimbangan tubuh karena tubuh harus menyesuaikan diri dengan perbedaan waktu yang signifikan.

Lalu, apa arti mendalam istilah Jet Lag yang dipakai dalam bahasa gaul terkait kondisi kesehatan? Simak penjelasan dari sisi arti, penyebab, hingga cara mengatasinya.

Baca Juga: ​Apa Itu Catcalling dan Contohnya? Ini Hukuman Pidana bagi Pelaku Catcalling

Arti Jet Lag

Kondisi gangguan ritme sirkadian

Arti Jet Lag adalah istilah yang umumnya digunakan untuk merujuk pada ketidaknyamanan fisik dan mental yang muncul sebagai hasil perubahan zona waktu, terutama akibat perjalanan lintas waktu.

Jet lag menggambarkan masalah tidur yang umum seperti insomnia dan gejala lain yang dialami orang setelah melakukan perjalanan jarak jauh dengan cepat.

Saat Anda bepergian melintasi lebih dari dua zona waktu dengan pesawat, “jam internal” atau ritme sirkadian tubuh Anda memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri dengan siklus tidur dan bangun yang baru di tempat tujuan Anda.

Sehingga, Jet lag menjadi salah satu jenis gangguan tidur ritme sirkadian yang dialami dalam jangka pendek.

Baca Juga: Apa itu Overthinking? Ini Pengertian, Penyebab, dan Tips untuk Mengatasinya

Penyebab Jet Lag

Dalam berbagai konteks, arti jet lag dapat mencakup terkait kesehatan dan psikologis seseorang dilansir dari Cleveland Clinic.

1. Perjalanan Lintas Waktu

Jet lag terjadi ketika seseorang melakukan perjalanan melintasi beberapa zona waktu, menyebabkan ketidaksesuaian antara jam biologis internal tubuh dan waktu setempat di tujuan.

2. Gejala Fisik dan Mental

Jet lag dapat menyebabkan gejala seperti kelelahan, kesulitan tidur, gangguan pencernaan, kebingungan, dan kesulitan berkonsentrasi. Ini dapat mempengaruhi kesejahteraan umum seseorang setelah tiba di destinasi.

3. Ketidaknyamanan Perubahan Jam Biologis

Kondisi ini disebabkan oleh perubahan jam biologis internal tubuh yang membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan perbedaan waktu di lokasi baru.

4. Pekerjaan dengan Shift

Meskipun lebih umum dikaitkan dengan perjalanan lintas waktu, istilah jet lag juga dapat merujuk pada gangguan tidur dan ketidaknyamanan yang dialami oleh individu yang bekerja dalam pola shift yang berubah-ubah, di mana jam biologis mereka terus-menerus terpengaruh oleh perubahan jadwal kerja.

5. Gangguan Tidur Umum

Dalam konteks umum, jet lag dapat menjadi representasi dari gangguan tidur atau ketidaknyamanan tidur yang disebabkan oleh faktor-faktor seperti perubahan lingkungan, stress, atau perubahan rutinitas harian.

6. Gangguan Ritme Sirkadian

Secara ilmiah, jet lag mencerminkan gangguan pada ritme sirkadian tubuh, yang mengatur siklus tidur dan bangun, suhu tubuh, dan fungsi fisiologis lainnya.

Cara mengatasinya

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda coba dalam mengatasi Jet Lag dilansir dari Mayo Clinic.

1. Tetap pada jadwal baru Anda

Setel jam tangan atau HP Anda ke waktu baru sebelum Anda berangkat. Begitu Anda mencapai tujuan, usahakan untuk tidak tidur sampai malam setempat, betapapun lelahnya Anda. Cobalah untuk mengatur waktu makan Anda dengan waktu makan lokal juga.

2. Tetap terhidrasi

Anda perlu minum banyak air sebelum, selama, dan setelah perjalanan Anda untuk melawan efek udara kabin yang kering. Dehidrasi dapat memperburuk gejala jet lag. Pastikan untuk menghindari alkohol dan kafein, karena dapat membuat Anda dehidrasi dan memengaruhi tidur Anda.

3. Usahakan tidur saat perjalanan

Apabila Anda menuju ke tempat tujuan sudah malam hari pastikan untuk istirahat dan tidur. Anda bisa memakai penyumbat telinga, headphone, dan masker mata dapat membantu menghalangi kebisingan dan cahaya.

Selain itu, Anda juga perlu mengatur waktu tidur siang Anda. Dokter menyarankan bila tujuan Anda siang hari, tahan keinginan untuk tidur agar tidur malam tidak terganggu.

Itulah beberapa informasi terkait apa arti Jet Lag beserta penyebab dan langkah untuk mengatasinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru