Ketahui Apa Arti Starboy yang Viral di TikTok: Asal Usul dan Penggunaan Konten

Jumat, 15 Desember 2023 | 10:12 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ketahui Apa Arti Starboy yang Viral di TikTok: Asal Usul dan Penggunaan Konten

ILUSTRASI. Ketahui Apa Arti Starboy yang Viral di TikTok: Asal Usul dan Penggunaan Konten. REUTERS/Abdel hadi Ramahi


CARI TAHU - JAKARTA. Kata Starboy cukup populer di media sosial terutama TikTok. Banyak konten yang menggunakan kata Starboy untuk merepresentasikan tentang laki-laki beserta komunitasnya.

Melalui platform-platform media sosial, pengguna dapat melihat bagaimana trendsetter dan pengguna media sosial lainnya merayakan identitas starboy dengan penuh kreativitas.

Tren TikTok terus berubah-ubah seiring berjalannya waktu, dari pertengahan tahun hingga kini salah satu yang menjadi sorotan adalah kata Starboy.

Tren ini tidak hanya mencakup gaya fashion yang mencolok dan berani, tetapi juga mencerminkan sikap percaya diri dan kebebasan berekspresi.

Baca Juga: Ketahui Arti Kata PAP dalam Bahasa Gaul Internet beserta Tujuan dan Penggunaan

Apa arti kata Starboy?

Lamborghini

Starboy adalah bahasa gaul Jamaika setidaknya sejak tahun 1970-an. Pengertian ini menyamakan starboy dengan kata-kata “jagoan” atau “badass” lain pada zamannya seperti germo atau kucing keren seseorang yang keren dan populer.

Kemudian, kata ini kembali populer seiring penggunaan lagu milik the Weekend dengan judul yang sama.

The Weeknd atau Abel Makkonen Tesfaye mengambil starboy dari lingkungan masa kecil di Toronto, yang memiliki populasi besar Jamaika yang akrab dengan istilah tersebut.

Bahkan, dapat dilihat dalam musik populer Jamaika, seperti “Star Bwoy” milik artis reggae Mavado dari tahun 2010.

Baca Juga: Apa Arti Kata Effort dalam Bahasa Gaul dan Percintaan, Pahami Penggunaannya

Perilisan lagu Starboy

The Weeknd

Melansir dari Dictionary, The Weeknd juga memberikan momen gemilang dengan Lagu Starboy yang dirilis pada bulan November 2016 Starboy dan judul lagunya yang menampilkan Daft Punk, yang menempati posisi #1 di tangga lagu Billboard.

Lirik “Starboy” menggambarkan seorang laki-laki sebagai seorang selebriti yang baru-baru ini menjadi terkenal dan belum tahu bagaimana cara menanganinya.

Dalam lagu tersebut, The Weeknd membandingkan dirinya yang dulu dengan dirinya yang baru dalam campuran antara kebanggaan dan keheranan, melihat siapa dirinya yang telah menjadi, seorang starboy.

The Weeknd mengatakan bahwa ini juga terinspirasi oleh “Starman” tahun 1972 karya David Bowie saat menulis “Starboy,” dan tema kedua lagu tersebut memang sama: orang baru yang terkenal menghadapi dirinya yang dulu.

Baca Juga: Apa Arti Kata Typo dalam Bahasa Gaul? Kenali Penyebab dan Jenis Kesalahan Ketik

Meskipun The Weeknd mendorong istilah starboy ke dalam arus utama, artis rekaman Nigeria Wizkid (Ayodeji Ibrahim Balogun) menciptakan label rekaman pada tahun 2013 yang disebut “Starboy Records.”

Wizkid dikenal dengan julukan Starboy sejak saat itu. Penggunaan istilah ini sebelumnya telah mempersulit upaya The Weeknd untuk mengklaim starboy sebagai merek dagang sahnya sejak perilisan albumnya pada tahun 2016.

Setelah mengerti apa arti kata Starboy dan asal usulnya, Anda bisa membuat tren ini dengan bijak di media sosial. Demikian informasi terkait asal usul, pengertian, dan penggunaan kata starboy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru