Apa Itu Feng Shui? Seperti Ini Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Kamis, 09 Juni 2022 | 10:24 WIB Sumber: National Geographic
Apa Itu Feng Shui? Seperti Ini Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari-hari

ILUSTRASI. Apa Itu Feng Shui? Seperti Ini Penerapannya Dalam Kehidupan Sehari-hari


KONTAN.CO.ID - Apa itu Feng Shui? Dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari? Yuk cari tahu tentang Feng Shui, belajar tentang ilmu tata letak yang berasal dari Cina kuno.

Beberapa orang mungkin belum tahu, kebudayaan Cina kuno mengenal sebuah ilmu tata letak yang disebut sebagai Feng Shui. 

Meskipun zaman sudah modern, Feng Shui ini nampaknya masih relate dan menarik untuk dipelajari sampai saat ini. Bukan hanya sebagai acuan ketika mengatur tata letak bangunan dan seisinya, juga terdapat filosofi yang mungkin bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Jadi apa itu Feng Shui?

Feng Shui Pintu dengan Bukaan Ke Luar

Melansir Resource Library National Geographic, Feng Shui adalah seni Cina kuno menata bangunan, benda, dan ruang dalam suatu lingkungan untuk mencapai keselarasan dan keseimbangan dengan cara yang akan membawa kedamaian dan kemakmuran.

Sederhananya, Feng Shui menerapkan segala sesuatu sehingga tercipta sebuah keselarasan dan keseimbangan.

Kata Feng Shui sendiri berasal dari bahasa Mandarin yang berarti "angin" dan "air". Menurut sistem Cina kuno, Feng Shui memuat pengaturan spasial, struktur atau tempat, dan orientasi yang berhubungan dengan aliran energi (qi) agar selaras dengan kekuatan rohani yang menghuni tempat itu sehingga dapat hidup harmoni.

Masih dari sumber yang sama, Feng Shi berasal dari kepercayaan Tao yang meyakini chi atau kekuatan hidup yang mendiami segalanya.

Chi terdiri dari unsur yin dan yang. Ini adalah kekuatan yang berlawanan tetapi saling melengkapi dan tidak dapat dipisahkan. Dalam filsafat Taoisme percaya bahwa dengan meyeimbangkan elemen yin dan yang, orang dapat meningkatkan aliran chi positif dalam kehidupan mereka dan menjauhkan chi negatif.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Tentang Shio, Zodiak China yang Berjumlah 12 dengan Simbol Hewan

Editor: Arif Budianto

Terbaru