Apa Itu Influencer? Inilah Jenis dan Contoh Influencer Indonesia di Media Sosial

Jumat, 10 Juni 2022 | 07:16 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Apa Itu Influencer? Inilah Jenis dan Contoh Influencer Indonesia di Media Sosial

ILUSTRASI. Salah satu influencer Indonesia adalah Tasya Farasya


MEDIA SOSIAL - Influencer adalah istilah yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indoneia. Namun, apa itu influencer? 

Influencer adalah orang yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi keputusan pembelian orang lain karena otoritas, pengetahuan, posisi, atau hubungannya dengan audiensnya.

Sementara, arti influencer di media sosial adalah orang-orang yang telah membangun reputasi untuk pengetahuan dan keahlian mereka tentang topik tertentu, misalnya di topik skincare dan kosmetik terdapat influencer Indonesia Suhay Salim maupun Tasya Farasya sebagai beauty vlogger.

Baca Juga: Sebelum Mencoba Brazilian Waxing, Ketahui Dulu 5 Efek Sampingnya Berikut Ini

Dikutip dari laman Influencer Marketing Hub, influencer media sosial membuat posting atau unggahan secara reguler tentang topik tersebut di saluran media sosial mereka dan menggaet banyak pengikut yang antusias dan aktif terlibat di postingan tersebut. 

Biasanya, brand atau perusahaan menyukai influencer media sosial karena mereka dapat menciptakan tren dan mempengaruhi pengikut mereka untuk membeli produk yang mereka promosikan. Nah, selain itu ada jenis-jenis influencer berdasarkan jumlah pengikutnya dan jenis kontennya. 

Lantas, apa jenis-jenis influencer? 

Baca Juga: Kembangkan Bisnis Lewat Influencer Marketing, Bagaimana Caranya?

Jenis influencer berdasarkan jumlah pengikutnya

Salah satu influencer adalah Anya Geraldine

Terdapat beberapa jenis influencer yang biasanya diklasifikasikan berdasarkan jumlah pengikut, berdasarkan jenis konten, dan berdasarkan tingkat pengaruh. Nah, berikut jenis-jenis influencer berdasarkan jumlah pengikut adalah:

1. Mega influencer

Mega influencer adalah influencer dengan banyak pengikut di jejaring sosial mereka. Mega influencer memiliki lebih dari 1 juta pengikut disetidaknya satu platform sosial, misalnya di Instagram.

Banyak mega influencer adalah artis yang mendapatkan ketenaran di layar kaca sebagai bintang film, olahragawan, musisi, dan bahkan bintang reality show. Namun, kini banyak mega influencer telah memperoleh banyak pengikut melalui aktivitas mereka di media sosial dan memulai kariernya bukan dari kalangan artis. 

Biasanya, hanya brand-brand besar yang berani membayar mega influencer untuk promosi produk mereka. Sebab, tarif mega influencer biasanya mahal, bisa sampai USD 1 juta per posting. Selain itu, mega influencer biasanya juga selektif memilih brand-brand yang akan bekerja sama dengan mereka. 

Baca Juga: Aice Mochi Baby & Kemenparekraf Kampanyekan Wonderful Indonesia lewat Kuliner &Budaya

2. Makro influencer

Makro influencer adalah influencer yang memiliki pengikut sebanyak 40.000 hingga 1 juta pengikut di satu platform media sosial. Kelompok ini cenderung terdiri dari dua tipe orang yakni pertama selebritas kelas B, yang belum berhasil mencapai kesuksesan besar. 

Kedua mereka adalah pakar atau ahli di bidang tertentu yang sukses di sosial media yang telah membangun pengikut yang lebih signifikan daripada mikro influencer biasa. Jenis makro-influencer kedua inilah yang cenderung lebih berguna bagi perusahaan yang terlibat dalam pemasaran influencer.

Makro influencer umumnya memiliki profil tinggi dan sangat baik dalam meningkatkan engagement ke audiens. Influencer ini juga lebih cenderung terbiasa bekerja dengan brand daripada mikro influencer, sehingga memudahkan komunikasi. 

Baca Juga: Cuanz Hadirkan Support System dan Mentor untuk Investor Ritel

3. Mikro influencer

Mikro influencer adalah influencer yang memiliki 1.000 hingga 40.000 pengikut di satu platform media sosial. Biasanya, mikro influencer adalah orang biasa yang telah dikenal karena pengetahuan mereka tentang beberapa topik khusus. 

Sehingga, influencer ini biasanya mendapatkan pengikut media sosial yang cukup besar di antara para penggemar ceruk pasar itu. 

4. Nano-influencer

Nano influencer adalah influencer yang hanya memiliki pengikut sedikit yakni di bawah 1.000 followers. Orang-orang ini hanya memiliki sedikit pengikut, tetapi mereka cenderung ahli dalam bidang yang tidak jelas atau sangat terspesialisasi. 

Meski demikian, ada banyak pengikut nano inluncer yang bersedia untuk terlibat dengan nano influencer, dan mendengarkan pendapatnya. Tetapi, brand biasanya belum menganggap nano influencer ada. 

Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari TikTok, Cek Syarat Jumlah Followernya

Jenis influencer berdasarkan konten

Salah satu influencer adalah Jerome Polin

Selanjutnya, akan dibahas mengenai jenis influencer berdasarkan konten yang mereka buat. Nah, berikut jenis-jenisnya berdasarkan konten influencer adalah:

1. Blogger

Blogger adalah influencer yang memperoleh pengikut mereka di blog berdasarkan topik-topik tertentu di tulisan mereka. Biasanya, blogger terutama mikro blogger memiliki hubungan paling autentik dan aktif dengan pengikut mereka. 

Brand biasanya menyukai blogger karena blogger bisa memberikan ulasan atau review mengenai produk mereka yang bisa mempengaruhi pembaca membeli produk brand tersebut. Selain itu, topik blogger pun beragam seperti tentang keuangan, kesehatan, pengasuhan anak (parenting), musik, jalan-jalan, maupun kuliner. 

Baca Juga: Mau Bikin Brand Kosmetik Sendiri? Ini 5 Tipsnya yang Perlu Anda Tahu

2. YouTuber

Saat ini, jenis konten yang populer bagi influencer adalah YouTube. Influencer yang terkenal melalui YouTube biasa disebut YouTuber. 

Ada banyak YouTuber terkenal yang menjadi influencer Indonesia dengan jutaan pengikut seperti Tanboy Kun, Jerome Poline, Ria Ricis, maupun Jess No Limit. Masing-masing dari YouTuber ini mempunyai topik tertentu yang mereka bahas di kanal YouTube mereka. 

3. Podcaster

Podcasting adalah bentuk konten online yang relatif baru yang semakin populer.

4. Sosial media atau selebgram

Selain itu, ada pula selebgram atau influencer yang berhasil menggaet banyak pengikut melalui media sosial Instagram. Contoh influencer selebgram adalah Rachel Venya, Anya Geraldine, Awkarin, dan masih banyak lagi. 

Selain itu, biasanya YouTuber, blogger, dan podcaster juga mempromosikan konten-konten mereka melalui sosial media Instagram untuk menggaet audiens. 

Demikian, penjelasan mengenai apa itu influencer serta jenis-jenis influencer adalah berdasarkan jumlah pengikut maupun kontennya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Halaman   1 2 Tampilkan Semua
Editor: Virdita Ratriani

Terbaru