Asam urat naik? Ini cara cepat meredakan nyeri asam urat

Jumat, 19 Februari 2021 | 10:05 WIB Sumber: Kompas.com
Asam urat naik? Ini cara cepat meredakan nyeri asam urat


KESEHATAN - JAKARTA. Nyeri asam urat membuat para penderitanya merasa kesakitan dan tidak nyaman. Berikut cara meredakan nyeri asam urat dengan cepat. 

Asam urat salah satu penyakit yang umum diderita masyarakat tanah air. Penyakit ini bisa menyerang perempuan dan laki-laki. 

Baca Juga: Anda penderita asam urat? Ini jus buah yang efektif meredakan asam urat

Dilansir dari WebMD, kondisi saat penyakit asam urat kumat dikenal dengan artritis gout. 

Tanda gejala asam urat dimulai dengan rasa panas, gatal, atau kesemutan di persendian satu atau dua jam sebelum serangan penyakit datang. 

Setelah itu baru penderita merasakan nyeri asam urat di bagian sendi. Rasa sakitnya sesekali sampai membuat kulit bagian luar sendi kemerahan dan bengkak. 

Rasa nyeri serangan asam urat ini umumnya terjadi di pangkal jempol kaki. Namun, terkadang juga bisa menyerang siku, lutut, pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan punggung kaki. 

Gejala asam urat yang dirasakan penderitanya ini tak jarang berlangsung dalam hitungan hari sampai minggu. Kondisi nyeri paling parah umumnya terjadi di dua hari pertama. 

Dalam kondisi ini, aktivitas penderita bisa terganggu. Berikut beberapa cara menghilangkan nyeri asam urat dengan cepat yang bisa dijajal di rumah: 

1. Minum obat pereda rasa sakit 

Melansir Arthritis Health, pertolongan pertama cara mengatasi asam urat pada kaki atau tangan adalah minum obat pereda nyeri antiperadangan nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen atau naproxen. 

Hindari aspirin atau obat pereda rasa sakit yang mengandung asam asetilsalisilat yang bisa memperburuk gejala asam urat. 

Hal yang perlu diingat, obat NSAID punya efek samping dapat meningkatkan tekanan darah. Jadi, selalu konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi obat ini. 

Apabila obat pereda rasa sakit yang dijual bebas di toko obat atau apotek tak mempan, konsumsi obat asam urat dari dokter. 

Penderita asam urat yang sudah mendapatkan penanganan medis biasanya diberi resep obat untuk mengatasi serangan nyeri asam urat. Terutama jika penderita pernah terkena serangan nyeri asam urat. 

Salah satu obat yang jamak diresepkan dokter untuk mengatasi nyeri asam urat adalah jenis kortikosteroid. 

Namun, konsumsi obat ini perlu pengawasan dokter karena memiliki efek samping sakit perut, terutama jika diminum lebih dari beberapa hari.

2. Kompres es batu

Cara menghilangkan nyeri asam urat dengan cepat secara alami yang dapat dijajal adalah kompres dengan es batu. 

Terapi dingin ini dapat mengurangi rasa sakit secara signifikan. Efek dingin dapat mengurangi peradangan sekaligus menghilangkan sinyal rasa nyeri. 
Lakukan kompres es batu setiap 10 sampai 20 menit sekali untuk meringankan gejala penyakit.

3. Naikkan posisi sendi 

Menyangga sendi yang paling merasakan imbas serangan nyeri asam urat dapat meredakan tekanan sekaligus mengurangi rasa sakit. 

Jika bagian jempol kaki yang terasa nyeri, naikkan seluruh bagian sendi sampai kaki agar posisinya bisa lebih tinggi. Anda bisa menggunakan bantal, bangku, atau ganjalan lain yang terasa nyaman dan dapat mengurangi bengkak. 

4. Istirahatkan sendi

Melansir Arthritis Foundation, cara menghilangkan nyeri asam urat dengan cepat lainnya yakni mengistirahatkan sendi sampai rasa sakitnya hilang. 

Jika Anda menggunakan sepatu atau alas kaki yang kurang nyaman, coba lepaskan dan telanjang kaki. 

Anda juga bisa menggunakan sendal santai sehingga kaki dalam posisi rileks untuk sementara waktu. 

Selain itu, jika kepepet perlu berjalan kaki saat penyakit asam urat kambuh, gunakan tongkat untuk mengurangi tekanan pada sendi yang sakit. 

5. Minum cukup air putih 

Cara mengatasi asam urat pada kaki atau tangan juga perlu dukungan cairan yang cukup. 

Untuk itu, penderita yang mengalami serangan nyeri asam urat perlu minum air putih setidaknya delapan gelas per hari. 

Minum banyak air putih dapat membantu mengeluarkan asam urat dari dalam tubuh. Selama penyakit kumat, hindari alkohol dan minuman manis yang dapat memperparah gejala asam urat. 

6. Redakan stres

Cara menghilangkan nyeri asam urat dengan cepat juga perlu dukungan pikiran yang rileks. 

Stres dapat memperburuk gejala asam urat karena membuat rasa sakit semakin kentara. 

Untuk itu, saat penyakit kambuh upayakan untuk melakukan aktivitas yang bisa membuat pikiran santai seperti menonton film, berbincang dengan teman baik, membaca buku, mendengarkan musik, dll. 

Jika berbagai cara menghilangkan nyeri asam urat di atas sudah dicoba tapi penyakit semakin parah, segera konsultasikan ke dokter. 

Dokter biasanya merekomendasikan penderita disuntik obat asam urat kortikosteroid di bagian sendi yang sakit. 

Selain itu, pastikan penderita menjalani diet rendah purin dengan menghindari pantangan seperti kerang, daging merah, jeroan, sampai makanan dan minuman manis.(Mahardini Nur Afifah)

Baca Juga: Asam urat kumat? Ini 9 obat herbal untuk asam urat

Selanjutnya: Asam urat kumat? Ini 3 infused water yang efektif mengobati asam urat

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Cara Menghilangkan Nyeri Asam Urat dengan Cepat"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru