Berkat dua gadis 14 tahun asal India ini, asteroid yang menuju Bumi ketahuan

Jumat, 31 Juli 2020 | 08:30 WIB Sumber: Mashable
Berkat dua gadis 14 tahun asal India ini, asteroid yang menuju Bumi ketahuan

ILUSTRASI. Dua gadis 14 tahun asal India menemukan asteroid yang akan menghantam bumi

KONTAN.CO.ID -NEW DELHI. Sangat berbahaya jika sebuah asteroid menuju bumi tanpa diketahui sebelumnya. Kita patut berterima kasih kepada dua gadis berusia 14 tahun baru saja menemukan asteroid yang menuju ke bumi.

Dua gadis asal India ini bernama Vaidehi Vekariya dan Radhika Lakhani yang baru saja menemukan asteroid tersebut. Mereka berhasil menemukan asteroid yang masuk dalam program pencarian asteroid oleh pihak terkait.

Mengutip dari Mashable, Space India bekerja sama dengan International Astronomical Search Collaboration (IASC), kelompok ilmuwan afiliasi dari NASA, melakukan kampanye pencarian asteroid.

Berkat dua gadis tersebut akhirnya mereka terbantu dengan pendeteksian asteroid yang dikabarkan akan menuju ke Bumi. 

Baca Juga: Hujan meteor Delta Aquarid dan Alpha Capricornid segera menghiasi langit malam

Untuk sementara asteroid tersebut baru melintasi planet Mars. Kabarnya asteroid tersebut baru mencapai bumi dalam waktu satu juta tahun.

Dalam kurun waktu satu juta tahun ini sepertinya dua gadis tersebut juga tidak bisa melihat kedatangan asteroid ini, ya. Meskipun begitu salah satu dari mereka menantikan kesempatan untuk memberikan nama ke asteroid yang ditemukannya itu.

Bahkan Vekariya memiliki cita-cita menjadi Astronot di masa yang akan datang. Kedua gadis belia ini berhasil menemukan asteroid saat menggunakan teleskop Pan-STARRS.

Teleskop ini merupakan teleskop yang digunakan untuk meneliti objek luar angkasa di Universitas Hawaii. Pada saat itu Vekariya dan Lakhani sedang asyik menganalisis gambar di perangkat lunak guna mendeteksi asteroid yang dikirimkan teleskop.

Alhasil mereka berhasil menemukan objek yang diketahui merupakan asteroid. Hal tersebut dibenarkan oleh Direktur IASC J. Pattrick Miller melalui email yang dimuat Reuters.

Pencapaian ini begitu menakjubkan mengingat mereka masih dalam usia yang cukup dini. Lakhani mengatakan bahwa di rumahnya tidak memiliki TV sehingga ia bisa konsentrasi lebih banyak untuk belajar.

NASA sendiri untuk saat ini menamakan asteroid tersebut sebagai HLV2514.

Baca Juga: Bikin kecewa, satelit Starlink milik Elon Musk mengganggu keindahan komet Neowise

Editor: Arif Budianto
Terbaru