Bisa cegah kanker, ini 5 manfaat daun sirih untuk kesehatan

Kamis, 29 April 2021 | 12:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa cegah kanker, ini 5 manfaat daun sirih untuk kesehatan

ILUSTRASI. Ada banyak manfaat daun sirih yang bisa Anda dapat.


KESEHATAN - JAKARTA. Ada banyak manfaat daun sirih yang berguna untuk kesehatan tubuh Anda. Hal itu disebabkan karena banyaknya nutrisi yang terkandung dalam bahan alami itu. Dengan menggunakannya secara rutin, kesehatan tubuh akan terjaga.

Mengutip dari Lybrate (lybrate.com), daun sirih mengandung kalium, vitamin A, iodin, antimikroba, antioksidan, serta nutrisi yang lain. Meski demikian, sebaiknya Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Hal itu perlu Anda lakukan untuk menghindari munculnya efek samping yang tidak diinginkan. Cobalah untuk mengonsumsi daun sirih dalam jumlah normal. Jika perlu, Anda bisa berkonsultasi dulu dengan dokter supaya manfaat-manfaat ini bisa Anda rasakan secara optimal.

Mencegah Kanker

Antibakteri, antioksidan, dan senyawa lain yang terkandung dalam daun sirih mampu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Senyawa-senyawa itu akan melawan radikal bebas sehingga tidak mengendap dan menimbulkan berbagai jenis penyakit.

Baca Juga: 7 Manfaat lada hitam untuk kesehatan: menurunkan berat badan sampai mencegah kanker

Menyembuhkan Luka

Manfaat daun sirih yang sudah diketahui oleh banyak orang adalah kemampuannya untuk menyembuhkan luka, apalagi luka bakar. Antioksidan yang terdapat dalam daun sirih mampu menyembuhkan luka lebih cepat dan mencegah terjadinya infeksi.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Lybrate menyebutkan bahwa daun sirih sering digunakan sebagai penyegar mulut sehingga dapat pula menjaga kondisi gigi dan mulut tetap sehat. Bahan alami itu mampu mengurangi tingkat keasaman dalam mulut dan mencegah infeksi bakteri penyebab berbagai jenis penyakit, misalnya gigi berlubang.

Menurunkan Jumlah Kolesterol

Tubuh memang membutuhkan kolesterol supaya bisa berfungsi secara optimal. Namun, saat jumlahnya terlalu banyak, kolesterol justru bisa menyebabkan banyak masalah. Kolesterol yang menumpuk akan mempersempit pembuluh darah.

Akhirnya, aliran darah menjadi tersendat. Begitu pula dengan suplai oksigen ke seluruh bagian tubuh. Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk mengonsumsi daun sirih secara rutin. Dengan begitu, risiko stroke, serangan jantung, dan penyakit jantung lainnya bisa berkurang.

Baca Juga: 5 Manfaat suruhan untuk kesehatan: meredakan sakit kepala sampai asam urat

Menurunkan Gula Darah

Salah satu manfaat daun sirih adalah menurunkan jumlah gula darah.

Manfaat daun sirih selanjutnya cocok untuk penderita diabetes. Jenis bahan alami itu mampu menurunkan jumlah gula darah dalam tubuh sehingga penyakit diabetes bisa teratasi dengan baik. Selain itu, daun sirih pun mampu menjaga sistem imun tubuh sehingga kesehatan Anda bisa tetap terjaga.

Selanjutnya: Ini 5 manfaat daun salam yang berguna untuk kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru