Bisa menurunkan berat badan, ini manfaat kopi pahit untuk kesehatan

Kamis, 18 Februari 2021 | 21:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa menurunkan berat badan, ini manfaat kopi pahit untuk kesehatan


KESEHATAN - JAKARTA. Ada banyak manfaat kopi pahit yang bisa Anda dapat jika mengonsumsinya secara rutin. Hal itu disebabkan karena kopi memiliki banyak antioksidan dan nutrisi penting lain yang berguna untuk kesehatan tubuh. Mulai dari vitamin B2, vitamin B5, kalium, dan magnesium.

Antioksidan berguna untuk melawan radikal bebas yang menyerang tubuh. Selain itu, sistem imun tubuh pun meningkat sehingga serangan penyakit bisa Anda hindari. Kopi juga bisa membuat perasaan Anda lebih bahagia, lo.

E Times (timesofindia.indiatimes.com) merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi dua gelas kopi pahit setiap hari supaya terhindar dari depresi. Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dari mengonsumsi kopi hitam.

Menjaga Kesehatan Liver

Salah satu manfaat kopi hitam adalah menjaga kesehatan liver karena kandungannya mampu menurunkan enzim liver dalam darah. Menurut sebuah penelitian, penyakit liver turun sebanyak 80% saat Anda mengonsumsi lebih dari tiga gelas kopi hitam setiap hari.

Baca Juga: Menurunkan risiko diabetes, ini 4 manfaat kopi hitam

Membantu Mengeluarkan Zat Racun

Salah satu manfaat kopi pahit adalah membantu tubuh mengeluarkan zat racun yang mengganggu.

Kopi hitam memiliki efek diuretik yang dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil. Hal itu menunjukkan bahwa jumlah zat racun yang dapat mengganggu tubuh bisa dikeluarkan lebih banyak melalui urin yang keluar.

Menurunkan Berat Badan

Apakah Anda sedang mencari cara menurunkan berat badan? Jika iya, cobalah untuk mengonsumsi kopi hitam secara rutin. Mengutip dari E Times, kopi hitam dapat meningkatkan metabolisme hingga 50%. Selain itu, mengonsumsi kopi juga mampu membakar lemak perut lebih banyak.

Cobalah untuk mengonsumsi kopi hitam 30 menit sebelum olahraga. Hal itu bisa jadi sumber energi tubuh sehingga pembakaran sel lemak bisa lebih maksimal. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi kopi hitam tanpa pemanis tambahan agar efeknya tidak hilang.

Baca Juga: 7 Makanan pembakar lemak yang bisa membantu diet

Mencegah Kanker

Manfaat kopi pahit selanjutnya adalah mampu meredakan peradangan dalam tubuh yang berpotensi jadi tumor. Hal itu menunjukkan bahwa pertumbuhan sel kanker pun bisa dicegah. Efek tersebut bisa lebih optimal jika Anda pun menerapkan pola hidup sehat.

Meski memiliki banyak manfaat, Anda perlu berhati-hati terhadap efek samping yang bisa muncul. Salah satunya adalah waktu tidur Anda bisa terganggu karena kopi mengandung kafein. Maka dari itu, usahakan untuk mengonsumsi kopi tidak mendekati jadwal tidur, ya.

Selanjutnya: Ini cara minum kopi yang aman untuk penderita asam lambung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru