Cari masker untuk menghilangkan bekas jerawat? Pakai bahan alami ini

Kamis, 18 Februari 2021 | 09:42 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cari masker untuk menghilangkan bekas jerawat? Pakai bahan alami ini

ILUSTRASI. Kunyit adalah salah satu bahan alami yang bisa diolah sebagai masker untuk menghilangkan bekas jerawat.


KESEHATAN - JAKARTA. Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering muncul. Begitu pula dengan bekasnya. Meski tidak berbahaya, bekas jerawat bisa mengganggu penampilan. Anda bisa mengatasi masalah itu dengan berbagai cara, salah satunya adalah memakai masker untuk menghilangkan bekas jerawat.

Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda. Namun, ada hal penting lainnya yang perlu Anda lakukan supaya noda hitam bekas jerawat bisa tersamarkan. Cobalah untuk mengonsumsi makanan bergizi dan banyak minum air putih.

Selain itu, hindari memencet jerawat, apalagi dengan tangan kotor. Memencet jerawat bisa memperparah kondisi kulit Anda dan membuat bekas jerawat sulit dihilangkan. Dengan melakukan hal itu, kandungan nutrisi dalam bahan alami semakin mudah untuk mengatasi bekas jerawat di kulit.

Minyak Kelapa

Swirlster (swirlster.ndtv.com) merekomendasikan minyak kelapa untuk menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Minyak kelapa mengandung banyak nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan kulit, seperti antibakteri, antiinflamasi, dan vitamin A.

Antioksidan dalam minyak kelapa pun mampu melawan radikal bebas penyebab munculnya tanda penuaan. Cobalah untuk mengaplikasikan minyak kelapa lalu diamkan selama semalaman. Dengan begitu, bekas jerawat dan masalah kulit lain bisa teratasi dengan baik.

Baca Juga: Efektif dan mudah dibuat, pilih masker untuk jerawat ini

Lidah Buaya

Lidah buaya juga bisa Anda manfaatkan sebagai masker untuk menghilangkan bekas jerawat. Sama seperti minyak kelapa, lidah buaya pun memiliki kandungan antibakteri yang dapat mengobati masalah kulit. 

Tidak berhenti sampai di situ, kandungan dalam lidah buaya pun mampu mempercepat proses penyembuhan luka dan menyamarkan bekas jerawat. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada bekas jerawat lalu diamkan selama semalaman. Lakukan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

Air Lemon

Masker untuk menghilangkan bekas jerawat bisa berasal dari lemon.

Mengutip dari Swirlster, lemon mengandung banyak vitamin C sehingga cocok digunakan untuk mengatasi bekas jerawat. Anda hanya perlu mengaplikasikan air lemon pada area kulit yang memiliki bekas jerawat. Diamkan dulu selama 10 hingga 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Baca Juga: 4 Rekomendasi masker rambut alami, bahannya mudah didapat

Kunyit

Bahan alami lain yang cocok digunakan sebaga masker untuk menghilangkan bekas jerawat adalah kunyit. Tak hanya mencerahkan, kunyit mengandung antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan sehingga masalah kulit lebih cepat teratasi.

Caranya, campur 1 sdt bubuk kunyit dengan 1 sdt air lemon. Setelah teraduk rata, gunakan pada bekas jerawat lalu diamkan selama 30 menit sebelum membilasnya dengan air. Cobalah untuk menggunakan masker itu secara rutin.

Selanjutnya: 4 Cara menghilangkan bopeng, bisa pakai bahan alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru