Catat! Ini manfaat tidur siang, bisa mengingkatkan mood sampai menghemat uang

Rabu, 21 April 2021 | 10:20 WIB Sumber: Kompas.com
Catat! Ini manfaat tidur siang, bisa mengingkatkan mood sampai menghemat uang


KESEHATAN - JAKARTA.  Tidur siang bukanlah aktivitas yang buruk. Ini manfaat tidur siang yang bisa Anda dapatkan. 

Tidur pada siang hari kerap dikaitkan dengan aktivitas seorang pemalas atau pengangguran. Tapi pada kenyataannya, stigma tersebut tidak sepenuhnya benar. 
Beberapa orang sibuk bisa jadi akan menyempatkan diri untuk tidur siang ketika sudah mengetahui manfaatnya. 

Menurut Sleep Foundation, beberapa tokoh terkenal atau berpengaruh, seperti Winston Churchill, John F. Kennedy, Ronald Reagan, Napoleon, Albert Einstein, Thomas Edison dan George W. Bush bahkan diketahui termasuk orang yang menghargai tidur siang. 

Salah satu manfaat luar biasa dari tidur siang singkat 20-30 menit adalah dapat membantu meningkatkan suasana hati, kewaspadaan, dan produktivitas kerja. 

Jenis tidur siang Tidur siang dapat dilakukan dengan tiga cara berbeda, yakni: 

1. Tidur siang yang direncanakan atau dipersiapan 

Hal ini dilakukan dengan melibatkan perencanaan sebelum Anda benar-benar mengantuk. Anda dapat menggunakan teknik ini untuk menangkal kelelahan lebih awal. 

2. Tidur siang darurat 

Tidur siang ini terjadi ketika Anda tiba-tiba sangat lelah dan tidak dapat melanjutkan aktivitas yang tengah dilakukan. 

Tidur siang jenis ini dapat digunakan untuk memerangi rasa ngantuk saat mengemudi atau kelelahan saat mengoperasikan mesin berat dan berbahaya. 

3. Tidur siang sebagai kebiasaan 

Tidur siang bisa dipraktikkan sebagai kebiasaan, yaitu dilakukan pada waktu yang sama setiap hari. 

Bukan hanya anak kecil, orang dewasa juga bisa mengambil waktu singkat untuk tidur siang, misalnya setiap hari setelah makan siang. 

Manfaat tidur siang 

Merujuk dari berbagai sumber, ada sejumlah manfaat yang bisa diperoleh dari tidur siang. Berikut di antaranya: 

  • Dapat mengembalikan kewaspadaan, meningkatkan kinerja, dan mengurangi risiko kesalahan atau kecelakaan kerja. Sebuah penelitian di NASA mengenai pilot militer dan astronot yang mengantuk, menemukan bahwa tidur siang selama 40 menit meningkatkan kinerja sebesar 34% dan kewaspadaan 100%. 
  • Dapat meningkatkan kewaspadaan dalam periode langsung setelah tidur siang maupun dapat dirasakan beberapa jam kemudian di hari itu. 
  • Dapat membantu penyembuhan penderita narkolepsi atau gangguan sistem saraf yang memengaruhi kendali terhadap aktivitas tidur. 
  • Memiliki manfaat psikologis. Pasalnya, tidur siang bisa menjadi kemewahan yang menyenangkan, liburan mini. Ini dapat memberikan cara mudah untuk mendapatkan relaksasi dan peremajaan. 
  • Dapat mengembalikan energi. Itulah sebabnya Anda bisa merasa bersemangat kembali setelah melakukannya. 
  • Menekan stres. Tidur siang pendek secara teratur dapat membantu menurunkan ketegangan hingga mengurangi risiko penyakit jantung. 
  • Meningkatkan mood. Manfaat ini terutama bisa dirasakan oleh mereka yang kesulitan tidur pada malam hari sehingga kehilangan iritabilitas atau kemampuan untuk bereaksi atau menanggapi suatu stimulus. 
  • Meningkatkan daya ingat atau memori. Menurut American Heart Association, tidur siang dapat membuat Anda lebih mudah untuk mengingat fakta yang dipelajari sebelumnya pada hari itu. 
  • Menghemat uang. Manfaat ini bisa dirasakan jika Anda lebih memilih tidur siang ketimbang membeli minuman berenergi dan kopi untuk mengatasi rasa kantuk atau kelelahan. 

Tips agar tidur siang bermakna 

  • Tidur siang singkat biasanya disarankan (20-30 menit) untuk kewaspadaan jangka pendek. Jenis tidur siang ini memberikan manfaat yang signifikan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kinerja tanpa membuat Anda merasa pusing atau mengganggu tidur malam. 
  •  
  • Jangan tidur siang lebih dari 90 menit karena bisa malah menimbulkan rasa pusing setelah itu. Lingkungan tidur Anda dapat sangat memengaruhi kemampuan untuk tertidur. 
  • Pastikan Anda memiliki tempat yang tenang untuk berbaring dan suhu di dalam ruangan nyaman. 
  • Cobalah untuk membatasi jumlah kebisingan yang didengar dan sejauh mana penyaringan cahaya masuk. 
  • Jangan tidur terlalu siang atau memasuki sore hari karena mungkin akan memengaruhi pola tidur malam hari dan membuatnya sulit untuk tertidur di waktu tidur biasa. Idealnya tidur siang dilakukan di antara pukul 13.00 hingga 15.00 WIB.(Irawan Sapto Adhi) 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "9 Manfaat Tidur Siang, Tekan Stres hingga Kurangi Risiko Sakit Jantung",
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru