Catat! Ini Tips Menghindari Pelecehan Seksual di Dunia Maya dari Pakar Unair

Kamis, 30 Desember 2021 | 14:50 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Catat! Ini Tips Menghindari Pelecehan Seksual di Dunia Maya dari Pakar Unair


EDUKASI - Pelecehan seksual bisa terjadi di mana saja termasuk di dunia maya. Banyak korban yang mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan dari pengguna internet lain saat mereka sedang melakukan aktivitas di dunia maya seperti media sosial. 

Beberapa mendapatkan komentar yang tidak menyenangkan, bahkan ada yang mendapatkan kiriman foto-foto yang tidak senonoh. 

Korban pelecehan seksual secara virtual tidak sedikit yang mengalami trauma karena tindakan dari pelaku. Agar terhindar dari kejahatan di dunia virtual, pengguna internet sebaiknya mulai membekali diri dengan berbagai pengetahuan.

Prof. Rachmah Ida, Pakar Kajian Media Studies Universitas Airlangga (Unair) memberikan tips untuk menghindari pelecehan seksual di dunia maya:

Baca Juga: 20 Jurusan Saintek Paling Ketat di SNMPTN 2021, Buat Acuan Daftar Kuliah Tahun Depan

Mengenali space dan budaya platform

Ida, melansir dari situs Unair, menyarankan pengguna internet untuk memahami aturan privasi dan keamanan dari suatu platform. 

Dia menjelaskan, pengguna sebaiknya memahami betul dalam space tersebut karakternya seperti apa. 

"Misalnya SimCity atau game, harus pelajari term of reference dan disclaimer-nya, jika sudah menyetujui berarti sudah terikat hukum yang dibuat oleh perusahaan pembuatnya," jelas dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Unair ini. 

Mengenali daerah komunitas

Seperti halnya dunia nyata, dunia maya juga merupakan dunia yang luas. Di dalam dunia virtual ini terdapat daerah-daerah yang ditempati oleh suatu komunitas tertentu. 

Agar terhindar dari pelecehan seksual, lebih baik untuk memperhatikan dan memiliki pengetahuan khusus untuk menjelajahi suatu tempat. 

Dengan mengetahui tempat-tempat dimana kita bisa mengeksplor atau tidak bisa menjaga diri kita sendiri. 

Baca Juga: Ingin Kuliah Jurusan Soshum? Simak Dulu 20 Jurusan Soshum Terketat di SNMPTN 2021 Ini

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru