Catat, inilah 5 manfaat daun sirsak untuk kesehatan

Jumat, 30 April 2021 | 11:03 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Catat, inilah 5 manfaat daun sirsak untuk kesehatan


KESEHATAN - JAKARTA. Apakah Anda suka mengonsumsi sirsak? Ternyata, tak hanya buahnya yang bisa Anda gunakan, lo. Anda juga bisa mendapat manfaat daun sirsak dengan mengonsumsinya secara rutin. Hal itu disebabkan karena banyaknya nutrisi penting dalam bahan alami itu.

Mengutip dari Just Real Remedies (justrealremedies.com), daun sirsak berguna untuk mengatasi pertumbuhan sel kanker, bahkan lebih baik dari pengobatan kemoterapi. Anda hany perlu minum air rebusan daun sirsak secara rutin untuk mendapat manfaat itu.

Meski demikian, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter. Apalagi jika Anda sedang mengonsumsi obat tertentu. Dengan mengonsumsi daun sirsak dalam jumlah yang tepat, beberapa manfaat ini bisa Anda dapatkan.

Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Cobalah untuk mengonsumsi daun sirsak secara rutin untuk mencegah terjadinya infeksi saluran kemih. Kondisi itu biasanya disebabkan oleh infeksi bakter. Kandungan dalam daun sirsak efektif melawan serangan bakteri itu sehingga kesehatan tubuh Anda bisa tetap terjaga.

Baca Juga: 8 Manfaat daun sukun untuk kesehatan: Mengobati sakit gigi sampai asam urat

Menurunkan Jumlah Gula Darah

Manfaat daun sirsak selanjutnya cocok digunakan oleh penderita diabetes. Mengonsumsi daun sirsak dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Dengan begitu, jumlah gula darah dalam tubuh bisa lebih terkontrol.

Mengatasi Rematik

Rematik adalah salah satu jenis penyakit yang ditandai dengan sendi yang bengkak. Tak hanya itu, otot Anda juga bisa terasa nyeri. Just Real Remedies mengatakan bahwa daun sirsak mengandung antiinflamasi sehingga masalah itu bisa teratasi.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, rebus beberapa helai daun sirsak lalu dinginkan sebentar. Setelah itu, tumbuk hingga halus lalu aplikasikan pada daerah sendi dan otot yang terasa sakit. Lakukan cara tersebut sebanyak dua kali dalam sehari untuk mendapat hasil yang maksimal.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Salah satu manfaat daun sirsak adalah meningkatkan sistem imun tubuh.

Manfaat lain yang bisa Anda dapat dari mengonsumsi daun sirsak adalah sistem imun tubuh dapat terjaga. Dengan begitu, tubuh Anda menjadi lebih kuat melawan serangan penyakit. Penyakit yang sedang Anda alami pun bisa sembuh dengan lebih cepat.

Baca Juga: 6 Manfaat buah sirsak untuk kesehatan bila dikonsumsi secara rutin

Mengobati Eksim

Manfaat daun sirsak selanjutnya berguna untuk mengobati eksim. Seperti yang sudah dikatakan, daun sirsak mengandung antiinflamasi sehingga mampu meredakan peradangan pada tubuh. Cara yang perlu Anda lakukan sama seperti cara mengatasi rematik.

Usahakan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu, ya. Jika tidak ada reaksi alergi atau efek samping lain yang muncul, Anda bisa melanjutkan pemakaian. Namun, jika kulit Anda menjadi iritasi, segera hentikan pemakaian.

Selanjutnya: Ini 5 manfaat buah tin, bisa untuk kesehatan pencernaan hingga anti kanker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru