Cek, ini kadar kolesterol normal orang dewasa

Sabtu, 31 Juli 2021 | 11:10 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Cek, ini kadar kolesterol normal orang dewasa

KONTAN.CO.ID - Menjaga kadar kolesterol normal sangat vital bagi kesehatan tubuh. Setiap usia memiliki kadar kolesterol normal yang berbeda-beda. 

Kolesterol sendiri adalah lemak yang berguna bagi tubuh. Namun, bila kadarnya di dalam tubuh terlalu tinggi, kolesterol akan menumpuk di dalam pembuluh dan menggangu aliran darah sehingga bisa menyebabkan beberapa penyakit.

Secara normal, kadar kolesterol sebenarnya sangat diperlukan oleh tubuh guna membentuk sel-sel sehat, menghasilkan vitamin D, dan memproduksi hormon penting. Meski begitu, kolesterol dapat mengganggu kesehatan jika kadarnya terlalu tinggi.

Pengukuran kadar kolesterol dilakukan dengan mengetahui berapa miligram (mg) kolesterol yang terdapat dalam setiap desiliter (dL) darah.

Baca Juga: Dilanda batuk kering? ini 7 cara alami meredakan batuk kering

Dilansir dari Medical News Today, kadar kolesterol normal secara total yang disarankan untuk orang dewasa sebaiknya kurang dari 200 miligram per desiliter (mg/dL). 

Sementara angka kolesterol antara 200 mg/dL sampai dengan 239 mg/dL adalah batas yang tinggi, dan di atas 240 mg/dL adalah kadar kolesterol yang sangat tidak disarankan. 

Dari total kadar kolesterol tersebut, kadar kolesterol jahat atau LDL harus kurang dari 100 md/dL. 

Tingkat 100 hingga 129 mg/dL masih dianggap normal untuk kadar kolesterol dan dapat diterima untuk orang yang tidak memiliki masalah kesehatan. Tetapi, mungkin lebih mengkhawatirkan bagi mereka yang memiliki penyakit jantung atau faktor risiko penyakit jantung.

Kemudian batas tinggi LDL adalah 130 mg/dL sampai dengan 159 mg/dL, dan di atasnya adalah batas kolesterol yang mengkhawatirkan. 

Kadar kolesterol normal sendiri bisa dilihat hanya melalui pemeriksaan medis. Tapi, sebelum memeriksa kadar kolesterol, sebaiknya berpuasa dulu setidaknya antara 9-12 jam. 

Baca Juga: 8 Manfaat habbatussauda untuk kesehatan yang perlu diketahui

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru