Gampang dicari, ini 5 makanan yang mengandung vitamin B

Sabtu, 11 September 2021 | 13:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Gampang dicari, ini 5 makanan yang mengandung vitamin B


KESEHATAN - Vitamin B dibutuhkan tubuh Anda untuk tetap sehat. Salah satu cara memenuhi kebutuhan tubuh akan jenis nutrisi itu adalah dengan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B.

Healthline menyebutkan, tiap jenis vitamin B memiliki fungsi yang berbeda-beda. Namun umumnya, jenis vitamin itu dibutuhkan tubuh untuk memproduksi energi dan molekul penting dalam tubuh.

Beberapa jenis makanan di bawah ini dapat Anda manfaatkan sebagai sumber vitamin B. sebelum rutin mengonsumsinya, jangan lupa untuk berkonsultasi dulu ke dokter, ya. Khususnya bagi Anda yang memiliki jenis penyakit tertentu.

Sayuran hijau

Ada banyak jenis sayuran hijau yang mengandung banyak vitamin B9. Misalnya, 85 g bayam yang sudah dimasak bisa memenuhi 31% kebutuhan vitamin B9 harian Anda.

Namun, Anda perlu memerhatikan cara memasak sayuran, ya. Sayuran yang dimasak di suhu yang terlalu tinggi justru bisa menghilangkan nutrisinya.

Baca Juga: Mengandung flavonoid, bawang dayak efektif mengobati diabetes melitus

Telur

Telur termasuk salah satu pilihan makanan yang mengandung vitamin B. Dalam satu butir telur, kebutuhan vitamin B7 harian Anda bisa terpenuhi hingga 33%.

Tidak berhenti sampai di situ, telur juga memiliki kandungan vitamin B yang lain. Mulai dari vitamin B2, B5, hingga B12.

Mengutip dari Healthline, telur mentah masih mengandung avidin yang mana dapat mengganggu penyerapan tubuh akan vitamin B7. Maka dari itu, usahakan untuk memasak telur hingga benar-benar matang, ya.

Yogurt

Apakah Anda gemar mengonsumsi yogurt? Ternyata, produk olahan susu itu termasuk dalam daftar makanan yang mengandung vitamin B, lo.

Setiap merek yogurt memiliki jumlah vitamin B12 yang berbeda-beda. Tapi biasanya, kandungan vitamin B12 dalam makanan itu cukup tinggi.

Baca Juga: 5 Minuman lezat ini bisa menurunkan kolesterol jahat, lo

Biji bunga matahari

Biji bunga matahari termasuk salah satu makanan yang mengandung vitamin B.

Jika Anda mencari jenis makanan yang kaya akan vitamin B, maka biji bunga matahari bisa Anda jadikan salah satu pilihan. Anda bisa memenuhi kebutuhan vitamin B5 hingga 20% dengan mengonsumsi 28 g biji bunga matahari.

Susu

26% kebutuhan tubuh akan vitamin B2 dapat terpenuhi saat Anda mengonsumsi 240 ml susu. Dalam jumlah yang sama, Anda juga bisa memnuhi kebutuhan tubuh akan vitamin B1, B2, B5, dan B12.

Selanjutnya: 5 Makanan ini disebut baik untuk kesehatan ginjal, perbanyak konsumsi!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru