Gejala asam lambung naik dan makanan yang harus Anda hindari, kenali

Selasa, 27 Juli 2021 | 21:45 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Gejala asam lambung naik dan makanan yang harus Anda hindari, kenali

KONTAN.CO.ID - Asam lambung naik adalah kondisi saat asam lambung naik dari perut ke area kerongkongan. Gejala asam lambung naik pun bisa diketahui dari beberapa kondisi.  

Dalam sistem saluran pencernaan tubuh, ada pintu masuk ke perut yang berbentuk katup. Katup tersebut berupa cincin otot disebut Sfingter esofagus bagian bawah. 

Dalam keadaan normal, katup ini dapat kembali tertutup rapat setelah dilewati makanan. Namun, dalam kondisi asam lambung naik, katup tersebut seringkali tidak tertutup sempurna. 

Hal ini menyebabkan asam lambung terdorong ke kerongkongan. Lalu, memunculkan sejumlah gejala asam lambung naik yang perlu diwaspadai. 

Penyebab asam lambung naik di antaranya adalah setelah makan makanan berat terlalu banyak, membungkukan badan, serta berbaring terutama terlentang.

Kemudian, penyebab lain asam lambung naik seperti hormon kehamilan, merokok, efek samping obat-obatan, serta minuman soda dan alkohol. 

Baca Juga: Makanan yang Wajib Dihindari Saat Sedang Sakit Maag

Gejala asam lambung naik

Dikutip dari laman WebMD, gejala asam lambung naik yang cukup umum adalah sebagai berikut:

1. Maag 

Maag adalah rasa sakit atau ketidaknyamanan yang terasa panas dan bisa naik dari perut ke dada. 

Rasa sakit juga bisa berpindah ke tenggorokan. Maag sendiri merupakan salah satu gejala asam lambung naik yang cukup umum ditemui.

2. Regurgitasi 

Gejala asam lambung naik yang kedua adalah regurgitasi atau sensasi asam yang naik ke tenggorokan atau mulut Anda. Regurgitasi dapat menghasilkan rasa asam atau pahit, dan Anda bisa saja mengalami sendawa. 

Baca Juga: 4 Pantangan sakit tipes ini sebaiknya Anda hindari

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru