Hati-hati! 4 Efek samping daun kelor ini bisa terjadi pada Anda

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 17:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Hati-hati! 4 Efek samping daun kelor ini bisa terjadi pada Anda


KESEHATAN - Anda memang bisa mendapat banyak manfaat daun kelor. Namun, bukan berarti efek samping daun kelor bisa Anda abaikan.

Sampai saat ini, belum ada dosis pasti yang bisa dijadikan rekomendasi. Anda perlu mengikuti dosis yang diasarankan di tiap bungkus produk.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan konsultasi dulu dengan dokter. Tujuannya, untuk menghindari beberapa hal yang tidak Anda inginkan.

Jika dikonsumsi secara berlebihan, daun kelor justru bisa menimbulkan masalah kesehatan. Terlebih jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Misalnya, Anda sedang hamil, mengonsumsi beberapa jenis obat, atau alasan yang lain. Usahakan untuk meminta saran dokter agar hal-hal ini tidak Anda alami.

Menurunkan tekanan darah dan gula darah

Supaya kesehatan tubuh tetap terjaga, Anda perlu mengontrol jumlah gula darah dan tekanan darah. Jika jumlah gula darah terlalu tinggi, Anda berisiko menderita diabetes.

Sedangkan risiko stroke atau penyakit jantung sulit Anda hindari jika tekanan darah tinggi.

MenurutĀ Nourish Doc, salah satu manfaat daun kelor adalah menurunkan tekanan darah dan jumlah gula darah. Sayangnya, konsumsi daun kelor justru bisa menurunkan tekanan darah dan gula darah di bawah batas normal.

Baca Juga: 4 Manfaat daun binahong, bisa meredakan nyeri haid

Menyebabkan keguguran

Bagi ibu hamil, sebaiknya hindari konsumsi daun kelor. Beberapa senyawa yang terkandung dalam bahan alami itu dapat menstimulasi kontraksi rahim. Akibatnya, bukan tidak mungkin Anda mengalami keguguran.

Selain ibu hamil, efek samping daun kelor juga bisa dirasakan oleh ibu menyusui. Mengutip dari Nourish Doc, beberapa kandungan dalam daun kelor bisa tidak dibutuhkan bayi.

Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk benar-benar membuktikan hal tersebut.

Baca Juga: Kenali efek samping dan manfaat lemon untuk kesehatan

Menyebabkan mual

Salah satu efek samping daun kelor adalah menyebabkan mual dan muntah.

Efek samping daun kelor yang lain adalah bahan alami itu dapat menyebabkan Anda merasa mual. Bagi sebagian orang, daun kelor memiliki rasa yang cukup kuat. Jika Anda tidak tahan, bisa saja Anda merasa mual kemudian muntah.

Berpengaruh pada obat yang Anda konsumsi

Salah satu manfaat daun kelor memang memperbaiki fungsi tiroid. Namun, bukan berarti Anda bisa bebas mengonsumsinya, apalagi jika Anda sudah mengonsumsi obat tiroid.

Hal yang sama juga berlaku pada jenis obat yang lain, misalnya obat pengencer darah.

Selanjutnya: 5 Manfaat daun sirih untuk kesehatan yang bisa Anda dapat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru