Ini 5 manfaat baking soda yang tak diketahui banyak orang

Selasa, 06 April 2021 | 11:48 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 5 manfaat baking soda yang tak diketahui banyak orang

ILUSTRASI. Manfaat baking soda berguna untuk kehidupan sehari-hari.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Baking soda adalah salah satu jenis bahan yang sering digunakan untuk membuat berbagai macam hidangan. Salah satunya adalah bahan dasar pembuatan roti. Selain itu, masih banyak manfaat baking soda yang tidak diketahui oleh banyak orang, lo.

Mengutip dari Healthline (healthline.com), salah satu manfaat dari baking soda adalah memperlambat perkembangan penyakit ginjal. Menurut sebuah penelitian, progres 36% penderita penyakit ginjal kronis menjadi lebih lambat setelah mengonsumsi suplemen baking soda.

Kandungan dalam baking soda mampu membantu ginjal mempertahankan fungsinya. Salah satunya adalah membersihkan air dan zat sisa dalam darah. Tidak berhenti sampai di situ, tentu saja masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dari menggunakan baking soda.

Menghilangkan Bau Sampah

Tahukah Anda bahwa bau tidak sedap yang berasal dari sampah bisa Anda hilangkan dengan memanfaatkan baking soda? Manfaat baking soda itu berasal dari kemampuan baking soda menetralisir bau asam yang biasa terkandung dalam sampah.

Baca Juga: 5 Cara menghilangkan bau mulut ini tak boleh Anda lewatkan

Mengatasi Kulit Gatal dan Iritasi

Jika kulit Anda sering gatal atau mengalami iritasi akibat paparan sinar matahari, cobalah untuk mengatasinya dengan baking soda. Anda hanya perlu mencampur 1-2 gelas baking soda dalam air yang akan Anda gunakan untuk mandi.

Memutihkan Gigi

Manfaat baking soda berikutnya adalah memutihkan atau mencerahkan warna gigi Anda. Kandungan dalam baking soda mampu memecahkan molekul yang membuat gigi terlihat kuning. Tak hanya itu, antimikroba dan antibakteri dalam baking soda juga mampu melawan bakteri penyebab penyakit gigi.

Obat Kumur

Selain berguna untuk memutihkan gigi, baking soda juga bisa Anda pakai sebagai obat kumur, lo. Dengan memakai obat kumur, seluruh bagian gigi dan mulut yang sulit terjangkau sikat gigi bisa dibersihkan secara maksimal.

Sama seperti poin sebelumnya, kemampuan tersebut berasal dari antimikroba dan antibakteri dalam baking soda. Cara yang perlu Anda lakukan sangat sederhana. Campur ½ sdt baing soda ke segelas air hangat lalu gunakan campuran itu sebagai obat kumur.

Baca Juga: Cara alami mengatasi gigi kuning bisa pakai 5 bahan ini

Membersihkan Buah dan Sayur

Salah satu manfaat baking soda adalah membersihkan pestisida dari buah dan sayur.

Healthline mengatakan bahwa baking soda adalah salah satu bahan yang efektif membersihkan pestisida di sayur dan buah. Menurut sebuah penelitian, merendam buah apel ke dalam air baking soda selama minimal 12 menit mampu membersihkan hampir seluruh pestisida yang menempel di kulit buah.

Selanjutnya: Bisa buat hilangkan bau amis dan noda, ini 7 manfaat lain dari garam dapur

Editor: Belladina Biananda
Terbaru