Ini 9 Fungsi Microsoft Word beserta Sejarah dan Perkembangannya

Senin, 27 Mei 2024 | 15:54 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 9 Fungsi Microsoft Word beserta Sejarah dan Perkembangannya

ILUSTRASI. Sejarah hingga fungsi Microsoft Word


MICROSOFT OFFICE - JAKARTA. Kenali berbagai fungsi Microsoft Word untuk kehidupan sehari-hari. Aktivitas penggunaan gadget terutama laptop dapat dengan mudah.

Aplikasi dan fitur yang populer di kalangan pengguna laptop adalah Microsoft Word. Aplikasi ini dikembangkan oleh Microsoft dan digunakan hampir setiap pengguna laptop berbagai merek.

Microsoft Word membantu penggunanya untuk mengolah tulisan dengan baik dan sudah digunakan sebagai sistem pembuatan dokumen.

Untuk itu, Anda perlu mengenal lebih jauh sejarah Microsoft Word dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Kumpulan Shortcut Microsoft Word, Pekerja dan Pelajar Wajib Tahu Daftarnya

Sejarah Microsoft Word

Microsoft Word

Pada tahun 1981, Microsoft mempekerjakan Charles Simonyi untuk mengembangkan aplikasi pengolah kata yang dirilis pada tahun 1983. Awalnya, MS Word tidak terlalu populer, karena tampilannya yang sangat berbeda dibandingkan WordPerfect, pengolah kata terkemuka saat itu.

Microsoft terus meningkatkan Word selama bertahun-tahun, termasuk versi 1985 yang dapat dijalankan di Mac. Rilisan besar kedua Word, pada tahun 1987, menyertakan peningkatan fitur-fitur utama, selain fungsi baru seperti dukungan untuk format teks kaya (RTF).

Pada tahun 1995, Microsoft meningkatkan pangsa pasarnya dalam bisnis pengolah kata dengan merilis Windows 95 dan Office 95, yang menawarkan serangkaian perangkat lunak produktivitas kantor.

Fitur terbaik MS Word

Melansir dari laman Techopedia, fitur Microsoft Word yang semakin populer memudahkan dokumen dari berbagai file bisa ditampilkan di layar dan sama saat dicetak atau dipindahkan ke format atau program lain.

Kemampuan pengguna untuk menyalin dan menempelkan konten Microsoft Word ke banyak platform lain tanpa kehilangan format yang signifikan adalah salah satu alasan perangkat lunak ini tetap populer dalam dua dekade terakhir.

Selain itu, MS Word memiliki kamus bawaan untuk memeriksa ejaan; kata-kata yang salah eja ditandai dengan garis bawah merah berlekuk-lekuk.

Microsoft Word menawarkan fitur tingkat teks seperti huruf tebal, garis bawah, miring, dan dicoret, serta fitur tingkat halaman seperti indentasi, pembuatan paragraf, dan pembenaran.

Baca Juga: Daftar Ukuran Kertas F4, A4, hingga, A5 dan Cara Mengganti Ukuran Kertas di Word

File dari Word kompatibel dengan banyak program lain, yang paling umum adalah anggota rangkaian Office lainnya. Sebagai contoh pada tahun 2007, .docx menjadi format file default, menggantikan ekstensi “.doc”.

Saat ini, ada Microsoft Office 365, menggantikan metode lisensi lama atau metode lisensi mesin tunggal dengan serangkaian aplikasi perangkat lunak berbasis cloud yang dapat diakses pengguna dari mana saja.

Dengan harga berlangganan, banyak pelanggan kini mengakses rangkaian Microsoft Word dan Office melalui Office 365 daripada membelinya melalui unduhan dengan kunci lisensi.

Fungsi Microsoft Word

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan pengguna untuk menggunakan fungsi utama Microsoft Word:

1. Pembuatan Dokumen

Aplikasi Microsoft Word memudahkan pembuatan dan pengeditan berbagai jenis dokumen, seperti surat, laporan, esai, artikel, dan dokumen formal lainnya. Fitur pengeditannya memungkinkan penambahan, penghapusan, dan modifikasi teks dengan mudah.

2. Format Dokumen Profesional

Dengan berbagai alat format, Word membantu pengguna membuat dokumen yang terlihat profesional. Anda dapat menyesuaikan font, ukuran teks, warna, dan tata letak halaman untuk memenuhi kebutuhan spesifik.

3. Pembuatan Template

Aplikasi Microsoft Word menyediakan berbagai template untuk membuat dokumen seperti artikel, resume, surat lamaran, brosur, hingga kartu nama. Template ini membantu menghemat waktu dan memastikan dokumen memiliki format yang sesuai.

4. Mail Merge

Fitur ini berguna untuk mengirim surat atau email massal yang dipersonalisasi. Adanya fitur Mail Merge, Anda dapat membuat surat yang sama tetapi dengan informasi yang berbeda untuk setiap penerima, seperti nama dan alamat.

5. Kolaborasi Dokumen

Salah satu fitur seperti integrasi ke OneDrive dan alat kolaborasi, Word memungkinkan beberapa pengguna untuk bekerja pada dokumen yang sama secara bersamaan, mempermudah pekerjaan tim dan kolaborasi.

6. Alat Pemeriksa Ejaan dan Tata Bahasa

Microsoft Word dilengkapi dengan pemeriksa ejaan dan tata bahasa yang membantu meningkatkan kualitas tulisan dengan mengidentifikasi kesalahan dan memberikan saran perbaikan.

7. Media Penulisan Karya Ilmiah

Adanya fitur pembuatan daftar pustaka dan referensi, Microsoft Word dapat dimanfaatkan dengan baik untuk pelajar maupun mahasiswa yang memudahkan dalam hal akademik dan karya ilmiah.

8. Pembuatan Grafik hingga Tabel

Anda dapat menyisipkan gambar, grafik, diagram, dan tabel ke dalam dokumen untuk membuatnya lebih informatif dan menarik secara visual. Microsoft Word memudahkan pembuatan daftar berpoin, bernomor, dan tabel yang rapi untuk mengorganisir informasi dengan baik.

9. Fungsi Makro dan Automasi

Terakhir, saat Anda mengintegrasikan fungsi makro, sehingga memudahkan pengguna mengotomatisasi tugas berulang, meningkatkan efisiensi, dan produktivitas.

Demikian informasi terkait fungsi Microsoft Word untuk kehidupan sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru