Ini macam bahan kimia alami yang ada di makanan, dari pemanis hingga pengawet alami

Rabu, 19 Mei 2021 | 13:14 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ini macam bahan kimia alami yang ada di makanan, dari pemanis hingga pengawet alami

ILUSTRASI. Ini macam bahan kimia alami yang ada di makanan, dari pemanis hingga pengawet alami.


EDUKASI - Banyak bahan makanan yang bisa Anda manfaatkan untuk berbagai hal, mulai pemanis, pengawet, penyedap, hingga pewarna alami. 

Meskipun penggunaan bahan buatan sudah lazim digunakan dalam masakan, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan bahan alami. 

Kunyit, bawang, garam, hingga madu merupakan contoh bahan makanan alami yang bisa digunakan sebagai pewarna hingga pengawet alami. 

Untuk lebih jelasnya, berikut rangkuman tentang bahan kimia alami yang ada pada makanan dari laman Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud Ristek:

pengawet makanan alami

  • Pemanis alami

Selama ini, mungkin Anda mengira pemanis minuman atau makanan hanya gula tebu atau gula kelapa saja. Selain gula, ada beberapa bahan makanan yang bisa digunakan sebagai pemanis alami. 

1. Kayu manis 

Kayu manis mengandung senyawa kimia yaitu cinnamaldehyde yang memberikan aroma dan rasa khas kayu manis. 

Senyawa ini memiliki efek lain yaitu pengencer darah yang bisa membantu mencegah pembekuan darah. Selain senyawa cinnamaldehyde, kayu manis juga memiliki kandungan lain yaitu asam benzoat

Zat ini membuat kayu manis bisa digunakan sebagai bahan pengawet makanan alami. 

Kayu manis biasa digunakan sebagai salah satu bahan pembuat obat seperti obat pengontrol gula darah, menurunkan kolesterol, hingga peningkat fungsi otak. 

Baca Juga: Ini dia warna-warna pada sayur serta manfaatnya

2. Madu 

Selain kayu manis, madu juga biasa digunakan sebagai bahan pemanis alami. Madu dihasilkan oleh lebah, baik yang sudah dibudidaya maupun yang liar. 

Madu mengandung zat kimia yaitu sukrosa. Zat inilah yang membuat madu menjadi manis yang berasal dari nektar berbagai bunga yang dihisap lebah.  

Bahan pemanis alami ini memiliki banyak sekali manfaat mulai dari kecantikan hingga kesehatan. 

Madu bisa digunakan untuk mengurangi alergi, sakit perut, mencegah stres, hingga mengurangi risiko serangan jantung. 

pengawet makanan alami

  • Penyedap alami

Tidak sedikit masyarakat yang beranggapan jika masakan yang sedap pasti menggunakan Monosodium Glutamat atau MSG yang banyak. 

Selain menggunakan MSG, Anda bisa menggantinya dengan penyedap alami. Ada berbagai macam bahan makanan yang bisa membuat masakan terasa lebih sedap. 

1. Bawang 

Bahan penyedap alami ini merupakan bumbu wajib yang selalu dimasukkan dalam berbagai makanan. 

Baik bawang merah maupun bawang putih memiliki peran dalam menyedapkan masakan. Biasanya bawang akan digiling, dicincang, atau digoreng kemudian ditambahkan pada bumbu. 

Bawang mengandung senyawa polifenol yang berperan sebagai antioksidan. Senyawa ini membantu menjaga kesehatan tubuh dari serangan penyakit. 

Baca Juga: Ini macam-macam jenis vitamin yang penting untuk tubuh serta manfaatnya

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru