Inilah 4 faktor penyebab mulut terasa pahit

Selasa, 24 November 2020 | 18:25 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Inilah 4 faktor penyebab mulut terasa pahit


KONTAN.CO.ID - Ada banyak penyebab mulut terasa pahit. Mulai dari masalah sepele hingga kondisi kesehatan yang cukup parah.

Dengan mengetahui penyebab-penyebabnya berikut, mulut pahit bisa Anda atasi dengan lebih mudah:

Kebersihan mulut tak terjaga

Melansir dari Tuasaude.com, kebersihan mulut yang tak terjaga jadi penyebab umum mengapa mulut pahit. Hal itu semakin terasa saat Anda bangun tidur karena air ludah dan bakteri menumpuk di lidah, gigi, juga gusi.

Jika dibiarkan, hal itui bisa menyebabkan bau mulut menjadi tak sedap. Agar Anda bisa menghindari hal tersebut, cobalah untuk menggosok gigi minimal dua kali sehari, yaitu saat bangun tidur dan sebelum tidur.

Baca Juga: Catat, inilah 5 penyebab bibir bengkak yang perlu Anda perhatikan

Jenis obat tertentu

Mulut terasa pahit juga bisa disebabkan oleh konsumsi jenis obat tertentu, misalnya, antidepresan dan antibiotik. Saat Anda minum jenis obat tersebut, organisme akan menyerapnya dan mengeluarkannya ke air ludah sehingga menimbulkan rasa pahit.

Biasanya, rasa pahit akan berkurang atau hilang setelah Anda mengonsumsi jenis obat tersebut selama beberapa hari. Namun, jika rasa pahit tak kunjung hilang, lebih baik konsultasikan pada dokter agar Anda mendapat obat lain yang memberikan efek samping yang sama.

Suplemen vitamin

Selain antibiotik atau antidepresan, suplemen vitamin yang Anda konsumsi juga bisa membuat lidah terasa pahit. Sebab, banyak suplemen vitamin yang mengandung senyawa metalik, seperti zat besi atau zinc.

Tuasaude.com menyebutkan, hal itu merupakan hal yang umum terjadi. Sama seperti antibiotik dan antidepresan, jika setelah minum suplemen vitamin, rasa pahit tak kunjung hilang, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Baca Juga: Penelitian ungkap obat kumur berpotensi membunuh virus corona dalam mulut

Penyakit liver

Liver bertugas menyaring zat racun bernama amonia lalu mengeluarkannya bersama dengan urin. Saat tak berfungsi normal, liver tidak bisa melakukan fungsi tersebut. Hasilnya, amonia menumpuk dalam tubuh sehingga menyebabkan perubahan rasa.

Biasanya, penyakit liver tak hanya ditandai dengan mulut terasa pahit, tapi juga gejala lainnya. Jika Anda merasakan gejala-gejala penyakit liver, segera periksakan diri ke dokter sehingga Anda bisa mendapat diagnosa dan perawatan yang tepat.

Selanjutnya: Kapan anak mulai sikat gigi? Ini penjelasannya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru