Intip 8 Ide Lomba 17 Agustus untuk Lingkungan Kampung hingga Sekolah

Selasa, 06 Agustus 2024 | 13:43 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Intip 8 Ide Lomba 17 Agustus untuk Lingkungan Kampung hingga Sekolah

ILUSTRASI. Ide Lomba 17 Agustus untuk Lingkungan Kampung hingga Sekolah. KONTAN/Fransiskus Simbolon


TIPS & TRIK - JAKARTA. Beberapa ide lomba 17 Agustus untuk Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia dapat menjadi referensi. Mengadakan berbagai macam lomba pada tanggal 17 Agustus merupakan salah satu cara untuk menyemarakkan perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79.

Lomba-lomba tersebut biasanya bisa diikuti secara individu maupun dalam kelompok.Tahun ini, banyak daerah sudah mulai mengadakan lomba-lomba 17 Agustus.

Lomba-lomba yang digelar untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus memiliki berbagai manfaat.

Hal ini terkait dengan semangat persatuan dan kesatuan bagi para peserta maupun komunitas secara keseluruhan.

Baca Juga: Aturan & Larangan Memasang Bendera Merah Putih, Ketahui Sebelum Dipasang Untuk HUT RI

Manfaat dari lomba 17 Agustus

Suasana Perlombaan Dalam Memperingati 17 Agustus

Berikut beberapa manfaat dari lomba 17 Agustus:

  • Memperbaiki Rasa Kebersamaan dan Gotong Royong: Lomba-lomba, terutama yang berkelompok, mendorong peserta untuk bekerja sama dan membantu satu sama lain. Ini mempererat hubungan antar anggota masyarakat dan membangun rasa kebersamaan.
  • Memupuk Jiwa Nasionalisme: Perayaan dan kegiatan lomba yang berhubungan dengan kemerdekaan Indonesia dapat meningkatkan rasa cinta tanah air dan kebanggaan terhadap bangsa dan negara.
  • Melestarikan Budaya dan Tradisi: Banyak lomba tradisional, seperti tarik tambang, bakiak, dan panjat pinang, merupakan bagian dari budaya Indonesia. Mengadakan lomba ini membantu melestarikan dan mengenalkan budaya tersebut kepada generasi muda.
  • Meningkatkan Kesehatan dan Kebugaran: Lomba-lomba fisik seperti tarik tambang, sepak bola daster, dan estafet air mendorong peserta untuk bergerak dan berolahraga, yang baik untuk kesehatan fisik mereka.
  • Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi: Beberapa lomba, seperti menghias lingkungan atau lomba kostum, mendorong peserta untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam menampilkan karya terbaik mereka.
  • Menghibur dan Menciptakan Kegembiraan: Lomba-lomba ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi tetapi juga hiburan bagi masyarakat. Mereka menciptakan kegembiraan dan memberikan pengalaman yang menyenangkan.
  • Meningkatkan Keterampilan Sosial: Partisipasi dalam lomba dapat membantu individu mengembangkan keterampilan sosial, seperti kerjasama tim, komunikasi, dan sportivitas.
  • Menguatkan Identitas dan Solidaritas Sosial: Melalui partisipasi dalam kegiatan komunitas, masyarakat dapat memperkuat identitas kolektif mereka sebagai bagian dari suatu bangsa dan meningkatkan solidaritas sosial.

Lantas, apa saja ide lomba 17 Agustus berkelompok yang bisa diterapkan di lingkungan maupun sekolah?

Baca Juga: Perolehan Medali Olimpiade Paris 2024 Sementara: China Kokoh di Puncak Klasemen

Ide lomba 17 Agustus berkelompok

Ada beberapa ide lomba 17 Agustus berkelompok untuk inspirasi yang wajib dipertimbangkan.

1. Estafet Tepung

Lomba ini melibatkan kelompok yang terdiri dari lima hingga tujuh peserta. Semua anggota duduk berbaris ke belakang, dan peserta paling depan menuangkan tepung ke piring peserta di belakangnya tanpa boleh membalik badan. Kelompok yang paling banyak menuangkan tepung menjadi pemenang.

2. Estafet Air

Aturan mainnya mirip dengan estafet tepung, tetapi menggunakan air. Kelompok yang paling banyak menuangkan air ke baskom terakhir adalah pemenangnya.

3. Lomba Memindahkan Gelas Berisi Air dengan Kain

Peserta memindahkan gelas berisi air menggunakan kain dari titik start ke finish. Peserta yang berhasil menjaga air agar tidak tumpah adalah pemenangnya.

4. Panjat Pinang

Lomba tradisional ini mengharuskan peserta untuk memanjat pohon pinang yang licin untuk meraih hadiah di puncaknya. Setiap tim saling membantu agar satu anggotanya bisa mencapai puncak.

5. Bakiak

Lomba ini menggunakan bakiak kayu yang bisa dipakai oleh tiga orang. Tim yang berhasil mencapai garis finish terlebih dahulu adalah pemenangnya.

6. Joget Balon

Setiap kelompok terdiri dari dua orang yang harus berjoget dengan mengapit balon di antara mereka. Kelompok yang berhasil menjaga balonnya agar tidak jatuh selama berjoget adalah pemenangnya.

7. Sepak Bola Daster

Peserta memakai daster dan bermain sepak bola. Permainan ini dapat diikuti oleh kelompok ibu-ibu atau bapak-bapak. Aturannya mirip dengan sepak bola biasa, hanya saja jumlah pemain dalam tim lebih sedikit.

8. Tarik Tambang

Ikon lomba perayaan 17 Agustus ini melibatkan dua tim yang beranggotakan lima hingga sepuluh orang yang saling menarik tambang. Pemenangnya adalah tim yang berhasil menarik tambang dan membuat lawannya jatuh.

Itulah penjelasan terkait ide lomba 17 Agustus berkelompok yang bisa dijadikan inspirasi untuk memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-79.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru