Jangan sepelekan, kebiasan ini ternyata bisa merusak ginjal

Rabu, 11 Agustus 2021 | 15:00 WIB   Reporter: Helvana Yulian
Jangan sepelekan, kebiasan ini ternyata bisa merusak ginjal


KONTAN.CO.ID - Ginjal memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Organ ini membantu memproduksi sel darah merah, mengatur tekanan darah, mendetoksifikasi organ internal, menghilangkan kelebihan air, hingga mengontrol kadar semua mineral penting yang terkandung dalam darah, dilansir dari Healthline.

Sedikit saja ginjal kita mengalami gangguan, maka seluruh sistem dalam tubuh akan terganggu. Jika fungsi tersebut terganggu, kotoran akan menumpuk di dalam tubuh kita. Fungsi ginjal yang terganggu bisa memicu penyakit jantung atau gagal ginjal. 

Sayangnya, beberapa kebiasaan sehari-hari kita ternyata bisa berkontribusi terhadap pengembangan penyakit ginjal. Oleh karena itu, mengurangi atau menghentikan kegiatan-kegiatan ini dapat membantu menjaga kesehatan ginjalmu.  

Baca Juga: Gula darah bisa turun dengan minum 6 jenis teh ini

Menurut beberapa sumber, kebiasaan-kebiasan ini harus segera dihindari agar ginjal tetap sehat, berikut penjelasannya.

1. Kurang minum air putih 

Kurang minum bisa mengganggu kadar natrium di tubuh, yang tentunya berakibat fatal pada fungsi ginjal. Tubuh yang dehidrasi juga sulit menjaga kestabilan tekanan darah. Ginjal sangat sensitif terhadap aliran darah.

Saat dehidrasi, tekanan darah dan aliran darah ke ginjal juga menurun. Hal ini bisa merusak pembuluh darah yang menuju ke ginjal dan melukai organ penting itu sendiri. 

2. Tidur tidak teratur 

Siklus tidur dan bangun kita akan mengatur dan mengoordinasikan fungsi ginjal, dan jaringan organ ini diperbarui hanya saat kita tidur. Jadi, tidak cukup tidur akan mengganggu proses ini dan meningkatkan risiko kerusakan ginjal. 

Tidur yang tidak tepat juga dapat menyebabkan aterosklerosis tau pengerasan dan penyumbatan arteri. Kondisi ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi yang dapat membebani ginjal, dan lama-kelamaan menyebabkan gagal ginjal.

Baca Juga: Ini dia posisi tidur yang tepat dan nyaman untuk ibu hamil

3. Merokok

Tidak hanya dapat memperburuk tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2 sebagai dua penyebab utama penyakit ginjal, tetapi merokok juga dapat mengganggu konsumsi obat-obatan yang dilakukan untuk mengobatinya.

Merokok juga dapat memperlambat aliran darah ke ginjal dan dapat menyebabkan masalah ginjal pada orang yang sudah menderita penyakit ginjal. 

4. Terlalu banyak makan daging

Konsumsi protein hewani berlebih akan menciptakan banyak asam dalam darah, yang dapat menyebabkan asidosis atau suatu kondisi ketika ginjal tidak dapat menjaga keseimbangan pH tubuh Anda. 

Seiring berjalannya waktu, gangguan ini dapat menyebabkan masalah pencernaan parah dan masalah ginjal kronis. Asupan protein harian yang dianjurkan adalah sekitar 1-1,6 gram per kilogram berat badan. 

5. Menahan kencing 

Ini adalah salah satu penyebab utama masalah ginjal. Jika kamu terlalu sering menahan kencing, urine akan tetap berada di kandung kemih dalam waktu yang sama. Pada periode tersebut, bakteri akan berkembang biak dengan lebih cepat. Pada akhirnya, kondisi tersebut bisa berujung ada kondisi serius, seperti infeksi ginjal dan inkontinensia urine.

Ternyata kebiasaan sehari-hari ini jika dilakukan terlalu sering akan mengakibatkan hal yang berbahaya untuk tubuh. 

Selanjutnya: Cara Membuat Disinfektan Alami saat Isolasi Mandiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru