Jarang Diketahui Ternyata Daun Bawang Memiliki 12 Manfaat untuk Kesehatan

Senin, 20 Februari 2023 | 20:00 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Jarang Diketahui Ternyata Daun Bawang Memiliki 12 Manfaat untuk Kesehatan


KESEHATAN - Daun bawang adalah tanaman yang sangat populer bagi masyarakat Indonesia lantaran sering digunakan sebagai bumbu dapur pelengkap makanan. Namun, ternyata ada sejumlah manfaat daun bawang bagi kesehatan yang jarang diketahui.

Daun bawang biasanya diiris kecil-kecil lalu dicampurkan ke dalam makanan seperti soto, martabak telur, mie ayam, bakso, telur dadar, sop daging, gorengan dan masih banyak lagi.

Selain sebagai pelengkap hidangan utama, ada beberapa manfaat daun bawang. Manfaat daun bawang yakni bagus untuk kesehatan maupun kecantikan. 

Baca Juga: 5 Obat Gusi Bengkak Alami yang Mudah Dibuat Sendiri

Sejumlah manfaat daun bawang ini lantaran mengandung senyawa antioksidan yang tinggi, vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C.

Karena daun bawang memiliki kandungan vitamin dan antioksidan yang tinggi maka manfaat daun bawang sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, apa saja manfaat daun bawang bagi kesehatan? 

Baca Juga: 10 Obat Darah Tinggi Alami yang Murah dan Mudah Didapat

12 Manfaat daun bawang untuk kesehatan 

Manfaat daun bawang untuk kesehatan yang pertama adalah membantu menurunkan kadar kolesterol.

Dirangkum dari laman NDTV Food dan Gramedia, berikut adalah sejumlah manfaat daun bawang untuk kesehatan:

1. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Manfaat daun bawang untuk kesehatan yang pertama adalah membantu menurunkan kadar kolesterol. Kandungan serat yang ada di dalam daun bawang ternyata bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah. 

Dalam sebuah studi pada 2019 menemukan bahwa mengonsumsi makanan berserat seperti daun bawang secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol LDL. Tak hanya itu saja, daun bawang juga bisa membantu mengurangi dosis penggunaan obat statin sekaligus dengan efek samping penggunaannya.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan Tubuh, Catat Ya!

2. Membantu menjaga kesehatan jantung

Kemudian, salah satu manfaat daun bawang yakni membantu menjaga kesehatan jantung. Salah satu kandungan yang ada di dalam daun bawang adalah mineral, yang dipercaya mampu membantu menjaga kesehatan jantung. 

Selain itu, kandungan kalium, magnesium, dan kalsium pada daun bawang juga bisa menjaga tekanan darah yang bisa mempengaruhi kesehatan jantung. 

Baca Juga: Meluruhkan Batu Ginjal dan Menurunkan Gula Darah, Ini Manfaat Meniran untuk Kesehatan

Lalu, kadar kalium yang mencukupi pada tubuh manusia juga penting untuk membantu proses perpindahan sinyal listrik yang ada pada sistem saraf dan jantung.

Ketika Anda rutin mengonsumsi makanan tinggi kalium seperti daun bawang juga bisa membantu melindungi dari adanya masalah detak jantung yang tak beraturan.

Baca Juga: Cara Tepat Konsumsi Daun Bawang untuk Menurunkan Berat Badan

3. Mencegah terjadinya peradangan

Nah, salah satu manfaat daun bawang yakni bisa mencegah terjadinya peradangan. Hal ini lantaran daun bawang mengandung quercetin

Sebuah studi pada 2020 menjelaskan jika kandungan quercetin bisa memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh secara menyeluruh. 

Selain itu, kandungan vitamin C yang terdapat di dalam manfaat daun bawang juga bisa sebagai antioksidan yang ternyata memiliki peran penting melawan terjadinya peradangan.

Baca Juga: Mudah dan Murah, Ini 18 Obat Panu Alami

4. Membantu meningkatkan kepadatan tulang

Kemudian, manfaat daun bawang yakni membantu meningkatkan kepadatan tulang. Sebab, adanya flavonoid pada daun bawang juga bisa membantu menjaga kesehatan tulang secara menyeluruh.

Salah satu manfaat daun bawang yakni membantu menjafa fungsi otak.

5. Membantu menjaga fungsi otak

Salah satu manfaat daun bawang yakni membantu menjaga fungsi otak. Sebuah studi menjelaskan jika belerang yang ada di dalam daun bawang bisa membantu melindungi otak serta mencegah terjadinya penurunan fungsi otak. 

Meski begitu studi akan manfaat daun bawang tersebut juga masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut. 

Baca Juga: 10 Makanan yang Terlarang bagi Penderita Asam Lambung

6. Membantu menjaga kesehatan kulit

Manfaat daun bawang salah satunya juga bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Adanya kandungan allicin pada daun bawang juga dipercaya bisa membantu peningkatan kesehatan kulit manusia. 

Selain itu, senyawa tersebut juga mampu mencegah terjadinya kerutan serta tanda penuaan dini.

Baca Juga: Cara Konsumsi Temulawak untuk Menurunkan Asam Lambung Tinggi

7. Mengurangi risiko kanker 

Salah satu manfaat daun bawang yang penting untuk diketahui di antaranya mampu mengurangi risiko kanker.

Daun bawang merupakan sumber sulfur dan flavonoid yang mencegah kanker dan melawan enzim yang menghasilkan sel kanker.

Baca Juga: 10 Obat Darah Tinggi Alami yang Mudah Didapat

8. Menurunkan kadar gula darah 

Manfaat daun bawang juga dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah lantaran kandungan sulfurnya.

Pasalnya, dengan mengkonsumsi daun bawang mampu meningkatkan produksi insulin. Sehingga mampu menurunkan kadar gula darah dan mencegah diabetes. 

Baca Juga: Kerap Luput dari Perhatian, Catat 6 Penyebab Kolesterol Tinggi

9. Melancarkan sistem pencernaan 

Manfaat daun bawang selanjutnya yaitu mampu melancarkan sistem pencernaan. Hal tersebut dikarenakan daun bawang mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan serta mencegah sembelit.

Dapat membantu meningkatkan kesehatan mata juga menjadi salah satu manfaat daun bawang.

10. Meningkatkan kesehatan mata 

Dapat membantu meningkatkan kesehatan mata juga menjadi salah satu manfaat daun bawang. Daun bawang memiliki karotenoid yang membantu menjaga penglihatan tetap sehat dan utuh. 

Selain itu, daun bawang juga kaya akan vitamin A yang dapat mencegah hilangnya penglihatan serta gangguan mata lainnya.

Baca Juga: 7 Street Food Jepang yang Jarang Didengar, Wajib Anda Coba Saat Berlibur ke Jepang

11. Mencegah pilek dan flu 

Manfaat daun bawang juga mengandung sifat antibakteri dan antivirus yang bermanfaat untuk mencegah pilek dan flu. Selain itu, senyawa dalam daun bawang tersebut juga membantu dalam mengurangi kelebihan lendir dan melawan dingin saat musim dingin yang bisa memicu flu.

12. Sumber antioksidan

Terakhir manfaat daun bawang juga bisa sebagai sumber antioksidan. Adanya kandungan polifenol dan senyawa sulfur menjadikan daun bawang kaya akan antioksidan.

Baca Juga: Catat Yuk! Ini 10 Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Antioksidan ini memiliki fungsi untuk melawan oksidasi yang bisa merusak sel dan menyebabkan penyakit seperti diabetes, kanker dan penyakit jantung.

Selain itu, daun bawang juga menjadi salah satu tumbuhan yang menjadi sumber kaempferol yang begitu bagus untuk kesehatan. 

Daun bawang juga memiliki kandungan allicin yang begitu baik serta memiliki sifat antimikroba yang terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol hingga antikanker.

Demikian sejumlah manfaat daun bawang untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru