Jenis-Jenis Sumber Energi yang Digunakan dalam Kehidupan Sehari-hari

Senin, 26 Desember 2022 | 10:19 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Jenis-Jenis Sumber Energi yang Digunakan dalam Kehidupan Sehari-hari

ILUSTRASI. Jenis-Jenis Sumber Energi yang Digunakan dalam Kehidupan Sehari-Hari.


KONTAN.CO.ID -  Kegiatan sehari-hari manusia memang tidak lepas dari berbagai macam jenis energi. Energi ini dimanfaatkan untuk beragam kepentingan dan aktivitas sekari-hari kita. 

Melansir situs Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha (kerja) atau melakukan suatu perubahan. 

Terdapat beberapa sumber energi alam yang dapat digunakan sebagai sumber energi untuk keperluan hidup manusia. 

Berikut ini beberapa jenis energi yang dimanfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga: Kisah Inspiratif McDonald's, Resto Biasa yang Menjelma jadi Franchise Terkenal

Energi fosil 

Salah satu sumber energi yang banyak digunakan oleh manusia adalah energi fosil. Beberapa contoh dari sumber energi ini adalah minyak bumi, gas, dan batu bara. 

Energi fosil merupakan bahan bakar fosil yang berasal dari tumbuhan dan hewan-hewan yang terkubur jutaan tahun di dalam bumi. 

Untuk mendapatkan minyak bumi, dilakukan penambangan atau eksploitasi ke dalam perut bumi.

Energi nuklir

Energi nuklir adalah energi potensial yang terdapat pada partikel di dalam nukleus atom. Partikel nuklir, seperti proton dan neutron, tidak terpecah di dalam proses reaksi fisi dan fusi. 

Akan tetapi, kumpulan tersebut memiliki massa yang lebih rendah daripada ketika berada dalam posisi terpisah. Adanya perbedaan massa ini maka dibebaskan dalam bentuk energi panas melalui radiasi nuklir.

Energi sir

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) adalah pembangkit yang mengandalkan energi potensial dan kinetik dari air untuk menghasilkan energi listrik. 

Energi listrik yang dibangkitkan ini disebut hidroelektrik. Komponen pembangkit listrik jenis ini adalah generator yang dihubungkan ke turbin yang digerakkan oleh energi kinetik dari air. 

Namun, secara luas pembangkit listrik tenaga air tidak hanya terbatas pada air dari sebuah waduk atau air terjun, melainkan juga pembangkit listrik yang menggunakan tenaga air dalam bentuk lain seperti tenaga ombak.

Baca Juga: Penderita Kencing Manis Wajib tahu, 8 Herbal Ini Bisa Atasi Penyakit DIabetes

Energi matahari

Jenis sumber energi selanjutnya adalah energi surya atau energi matahari 

Sumber energi ini adalah energi yang didapat dengan mengubah energi panas surya (matahari) melalui peralatan tertentu menjadi energi dalam bentuk lain. 

Matahari merupakan sumber utama energi. Energi matahari dapat digunakan secara langsung maupun diubah ke bentuk energi lain.

Energi Angin

Energi angin memanfaatkan tenaga angin dengan menggunakan kincir angin untuk diubah menjadi energi listrik atau bentuk energi lainnya. 

Biasanya untuk memanfaatkan energi angin digunakan dalam ladang angin dalam skala besar untuk menyediakan listrik di lokasi yang terisolir.

Energi Pasang Surut

Jenis sumber energi selanjutnya yang umum digunakan manusia adalah energi pasang surut air laut. 

Energi pasang surut atau energi tidal merupakan energi yang memanfaatkan pasang surutnya air yang sering disebut juga sebagai energi pasang surut. 

Dibandingkan dengan energi angin dan energi matahari, energi tidal memiliki sejumlah keunggulan. Keunggulan tersebut antara lain memiliki aliran energi yang lebih pasti/mudah diprediksi, lebih hemat ruang, dan tidak membutuhkan teknologi konversi yang rumit. 

Namun, energi ini memiliki kelemahan yaitu membutuhkan alat konversi yang andal yang mampu bertahan dengan kondisi lingkungan laut yang keras karena tingginya tingkat korosi dan kuatnya arus laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru