Jurus menghilangkan nyeri haid ini bisa Anda coba dengan mudah

Kamis, 18 Februari 2021 | 21:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Jurus menghilangkan nyeri haid ini bisa Anda coba dengan mudah


KESEHATAN - JAKARTA. Nyeri haid terjadi akibat perubahan hormon dan kontraksi rahim saat menstruasi terjadi. Dalam beberapa kasus, nyeri haid yang dialami wanita benar-benar parah. Kondisi itu disebut dengan istilah dismenore.

Jika terus dibiarkan, kondisi itu bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Tentu saja Anda memerlukan obat nyeri haid supaya kondisi kesehatan tak semakin buruk dan Anda bisa melanjutkan kegiatan seperti biasa.

Mengutip dari NDTV Food (food.ndtv.com), satu dari lima wanita mengalami dismenore sehingga aktivitas bisa terganggu. Supaya rasa sakit bisa berkurang, ada beberapa cara dan bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi nyeri haid.

Minyak Wijen

Bahan alami pertama yang cocok digunakan sebagai obat nyeri haid adalah minyak wijen. Jenis minyak itu mengandung antiinflamasi, antioksidan, serta asam lenoleat yang berguna untuk mengurangi rasa sakit akibat menstruasi.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Anda hanya perlu memijat perut bagian bawah dengan minyak wijen saat rasa nyeri muncul. Ulangi cara tersebut sampai nyeri haid benar-benar hilang dan Anda bisa melanjutkan kegiatan.

Baca Juga: 4 Faktor ini jadi penyebab sakit perut bagian bawah

Kompres Hangat

Cara selanjutnya yang cukup banyak dilakukan oleh para wanita adalah mengaplikasikan kompres hangat. Kompres hangat dapat merelaksasi otot rahim yang berkontraksi sehingga rasa sakit pun bisa berkurang.

Anda bisa membeli kompres hangat di apotek atau meletakkan botol yang sudah diisi air hangat. Selain itu, minum air hangat atau mandi dengan air hangat juga bisa jadi salah satu opsi untuk Anda pilih.

Teh Kamomil

Jika Anda penggemar teh, cobalah untuk minum teh kamomil agar nyeri haid berkurang. Jenis teh itu dapat menurunkan prostaglandin dan merelaksasi uterus sehingga nyeri yang Anda rasakan bisa berkurang.

Baca Juga: Dismenore, sakit perut saat haid karena kontraksi rahim

Jahe

Jahe bisa dimanfaatkan sebagai obat nyeri haid.

Jahe juga bisa Anda gunakan sebagai obat nyeri haid, lo. Cobalah untuk mencampur jahe dengan teh hitam. Anda bisa menambah sedikit gula supaya rasanya lebih lezat. Kandungan dalam jahe berguna untuk menurunkan prostaglandin sehingga rasa sakit berkurang.

Tak hanya itu, NDTV Food mengatakan bahwa jahe mampu melancarkan siklus menstruasi. Jadi, jika Anda mengalaminya, cobalah untuk mengonsumsi jahe secara rutin. Jika siklus menstruasi tak kunjung teratur, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter supaya mendapat perawatan yang sesuai.

Selanjutnya: Kenali macam-macam penyebab sakit perut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru