Kapan Hari Valentine? Ini Sejarah Perayaannya yang Identik dengan Coklat

Rabu, 25 Januari 2023 | 12:01 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Kapan Hari Valentine? Ini Sejarah Perayaannya yang Identik dengan Coklat

ILUSTRASI. Hari Valentine


KONTAN.CO.ID - Kapan hari Valentine? Pertanyaan ini mulai dicari tahu oleh masyarakat karena adanya momen perayaan hari kasih sayang atau hari Valentine. 

Hari Valentine adalah hari kasih sayang yang jatuh setiap tanggal 14 Februari. Di momen ini biasanya dimanfaatkan oleh beberapa orang untuk menunjukkan kasih sayang mereka ke orang-orang terkasih. 

Seperti memberikan ucapan selamat hari Valentine, coklat, bunga, maupun hadiah. 

Namun, sebenarnya seperti apa sejarah hari Valentine atau hari kasih sayang tersebut? 

Baca Juga: Kapan Cap Go Meh 2023? Ini Sejarah Perayaannya di Indonesia

Sejarah hari Valentine

Kapan hari valentine

Ada berbagai macam sejarah hari Valentine dan legenda mengenai hari kasih sayang ini. isah yang paling terkenal dikalangan masyarakat adalah Festival Lupercalia dan kisah pendeta St. Valentine.  

Dirangkum dari laman History, salah satu sejarah hari Valentine adalah berkaitan dengan Festival Lupercalia. Lupercalia adalah festival kesuburan yang dirayakan pada pertengahan Februari atau 15 Februari. 

Lupercalia adalah festival kesuburan yang didedikasikan untuk Faunus, dewa pertanian Romawi, serta pendiri Romawi Romulus dan Remus.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Kudus yang Wajib Dicoba

Pada saat festival, semua wanita muda akan memasukkan nama mereka ke dalam guci besar. Kemudian, para pemudanya masing-masing akan memilih nama para gadis tersebut untuk menjadi pasangan mereka selama festival atau bahkan sepanjang tahun tersebut. 

Tidak sedikit dari pasangan-pasangan tersebut berakhir di pelaminan. Kemudian, gereja ingin mengubah festival ini menjadi perayaan Kristen dan memutuskan untuk menggunakannya sebagai hari St Valentine. ri

Kisah lain dari sejarah Hari Valentine adalah legenda dari pendeta Kristen bernama Valentine. Sekitar tahun 270M diceritakan bahwa ada seorang pendeta yang dijadikan martir oleh Kaisar Claudius II Gothicus. 

Baca Juga: Asal Mula Barongsai, Atraksi Khas di Tahun Baru Imlek

Menurut legenda, pendeta itu menandatangani surat “from your Valentine” kepada putri sipir yang telah berteman dengannya dan menurut beberapa disembuhkan dari kebutaan.

Juga terdapat catatan lain yang menyatakan bahwa St. Valentine adalah seorang uskup berasal dari Terni. 

Legenda lain menyebutkan bahwa St. Valentine menentang perintah kaisar dan diam-diam menikahkan para pasang untuk menghindari para pria (suami) dari perang. Karena alasan dari legenda tersebutlah hari Valentine dikaitkan dengan cinta.

Baca Juga: Jeruk Lokal, Hampir Tak Pernah Digunakan untuk Imlek

Kenapa hari Valentine identik dengan coklat?   

Kapan hari valentine

Cokelat merupakan simbol kasih sayang, kenyamanan, dan sensualitas. Dikutip dari Kompas.com (14/2/2021), dulu coklat dianggap sebagai barang mewah dan hanya diperuntukkan untuk suku elit, yakni suku Maya dan Aztec. 

Mereka percaya bahwa cokelat memiliki manfaat bagi kesehatan. Seiring berjalannya waktu, sekitar 1600-an, cokelat mulai menyebar ke wilayah Eropa. 

Namun,  saat itu cokelat belum dikaitkan dengan perayaan Valentine. Pada 1840-an, gagasan Valentine sebagai hari libur untuk merayakan kasih sayang mulai dilakukan sebagai besar wilayah Eropa. 

Baca Juga: Dari hobi, Tiffany merangkai omzet ratusan juta

Masyarakat memberikan hadiah kepada pasangannya untuk merayakan hari kasih sayang tersebut. Datanglah Richard Cadburry, seorang keturunan keluarga produsen cokelat Inggris yang bertanggung jawab atas penjualan cokelat. 

Guna meningkatkan penjualannya, Cadburry melakukan inovasi pada produk cokelat yang dijual. Ia pun menambahkan mentega pada biji kakao untuk menghasilkan rasa cokelat yang lebih enak. 

Baca Juga: Cap Go Meh terbesar di Asia Tenggara digelar

Dari sinilah, Cadburry tidak sengaja menghasilkan varian cokelat baru yang disebut dengan dark chocolate atau cokelat masak pekat. Menyadari peluang bisnisnya, Cadburry mulai menjual varian cokelat ini dengan dikemas menggunakan kotak yang indah. 

Ia menaruh gambar Cupid dan bunga mawar di atas kotak berisi cokelat berbentuk hati. Dari sinilah muncul gagasan cokelat sebagai hadiah Valentine.  

Demikian sejarah perayaan Hari Valentine dan kapan Hari Valentine.

Selanjutnya: Asik! Beasiswa LPDP 2023 Sudah Dibuka, Cek Jadwal dan Cara Buat Akunnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru