Lidah Manusia: Struktur dan Bagian-Bagian Indera Perasa Manusia

Selasa, 10 Januari 2023 | 16:23 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Lidah Manusia: Struktur dan Bagian-Bagian Indera Perasa Manusia

ILUSTRASI. Lidah Manusia: Struktur dan Bagian-Bagian Indera Perasa Manusia.


EDUKASI -  Lidah merupakan salah satu bagian dari panca indra manusia, yang memiliki peran yang penting.

Tidak hanya berfungsi untuk merasakan makanan, lidah juga memiliki fungsi untuk membolak-balikkan makanan saat dikunyah. Karena peran ini lah, lidah masuk pada sistem pencernaan manusia. 

Selain membantu dalam sistem pencernaan, organ yang terletak di dalam rongga mulut ini juga membantu dalam berbicara agar kalimat yang kita ucapkan terdengar jelas.

Saat sakit atau terkena air panas, indra perasa ini berkurang bahkan hilang fungsinya. Hal ini menyebabkan kepekaan untuk merasakan makanan berkurang bahkan saat berbicara pun terganggu. 

Baca Juga: Ikut SNBP Tahun 2023? Ini Kriteria Penilaian SNBP yang Wajib Diketahui Siswa

Lidah berwarna merah jambu dan tidak bertulang. Bersumber dari Kenhub, organ ini merupakan organ yang keseluruhannya berupa otot. 

Struktur anatomi lidah

Lidah tertutup oleh jaringan berwarna merah muda dan lembab bernama mukosa. Jika diperhatikan dengan seksama, saat kita sentuh permukaan lidah sama sekali tidak mulus. 

Permukaan lidah terasa kasar karena ada ribuan benjolan kecil bernama papila. Papila-papila ini diselimuti oleh sel-sel pengecap. Sel ini merupakan saraf-saraf kecil yang terhubung pada otak.  

Saat makanan menyentuh lidah, sel-sel tersebut segera mengirimkan sinyal tentang rasa, suhu, hingga tekstur dari makanan tersebut kepada otak.

Lidah terhubung dengan frenulum. Jaringan ini seperti tali yang menempel pada bagian bawah lidah dan rongga mulut. Di bagian belakang lidah menempel pada tulang hyoid. 

Anatomi lidah manusia

Indra perasa manusia ini bisa merasakan empat rasa utama. Rasa yang biasa kita rasakan diantaranya: Manis, asin, asam, dan pahit. Ada satu lagi rasa yang bisa dideteksi lidah kita yaitu umami. 

Rasa umami adalah rasa gurih yang ada di MSG. Kita sering mendengar jika lidah memiliki lokasi pengecapan rasa. Padahal pernyataan itu tidak benar. 

Lidah memiliki sensor pengecapan yang tersebar di seluruh permukaan lidah. Jadi setiap bagian lidah bisa merasakan semua rasa makanan. 

Baca Juga: Bisa Dimana Saja, Ini Cara Mudah Cek NISN dan NPSN untuk Registrasi Akun SPMB 2023

Bagian-bagian lidah

Di bawah ini merupakan 5 bagian dari lidah yang dikutip dari Very Well Health.

  • Belakang lidah

Bagian lidah ini terletak di bagian mulut paling belakang. Belakang lidah terletak di dekat tenggorokan dan tidak bisa bergerak. Bagian ini menempel dengan tulang rahang bawah dan tulang hyoid.

  • Badan lidah

Badan lidah mengambil porsi hingga dua per tiga total lidah manusia. Badan lidah memiliki banyak fungsi dan dapat bergerak bebas. 

  • Apex atau ujung lidah

Sama seperti badan lidah, ujung lidah juga bebas bergerak. Letak bagian ini ada di paling ujung depan lidah.

  • Dorsum

Bagian ini melengkung dan sedikit lebih naik dibanding bagian lidah lainnya. Dorsum memiliki bentuk seperti huruf V yang biasa disebut sulkus terminalis.

  • Bagian bawah lidah

Bagian ini terlihat saat kita mengangkat lidah. Di bagian ini terdapat banyak pembuluh vena. Beberapa obat kadang diberikan di bagian ini karena lebih cepat terserap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru