Macam-macam jenis gigi manusia, fungsi, serta cara merawatnya

Rabu, 05 Mei 2021 | 11:02 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Macam-macam jenis gigi manusia, fungsi, serta cara merawatnya

ILUSTRASI. Macam-macam jenis gigi manusia, fungsi, serta cara merawatnya.

KONTAN.CO.ID -  Salah satu bagian penting pada tubuh manusia adalah gigi. Gigi merupakan organ pertama dari sistem pencernaan yang membantu menghaluskan makanan. 

Makanan yang sudah dihancurkan oleh gigi akan lebih mudah dicerna oleh lambung dan organ pencernaan lainnya. 

Bersumber dari Healthline, gigi merupakan salah satu bagian tubuh terkuat yang dimiliki manusia. Gigi terbentuk dari beragam protein seperti kolagen dan mineral seperti kalsium.  

Mari simak lebih lanjut informasi tentang gigi manusia di bawah ini, mulai dari struktur, fungsi, dan cara merawat kesehatan gigi.

Anatomi gigi manusia

Struktur gigi manusia

Berikut ini struktur anatomi gigi manusia yang dirangkum dari Web MD

  • Mahkota gigi

Bagian ini merupakan bagian terluar dari gigi dan dapat dilihat dengan jelas. Mahkota gigi terdiri dari beberapa bagian yaitu

1. Enamel yang merupakan bagian terluar dan paling keras dari gigi. Bagian ini biasanya berwarna putih dan berfungsi sebagai pelindung jaringan gigi. Enamel terbuat dari kalsium dan fosfat. 

2. Dentin atau tulang gigi terletak di bawah enamel. Bagian ini merupakan jaringan yang mengandung tabung kecil. Dentin melindungi gigi dari panas dan dingin. 

  • Leher gigi

Leher gigi berada diantara mahkota dan akar gigi dan terlindungi oleh gusi. Bagian dari leher gigi terdiri dari sumsum gigi 

Sumsum gigi merupakan bagian paling lembut dari bagian gigi lainnya. Bagian ini mengandung pembuluh darah, saraf, dan jaringan lunak. 

  • Akar gigi

Bagian paling akhir dari struktur gigi adalah akar gigi. Bagian ini terhubung dengan tulang leher dan menjaga gigi tetap pada tempatnya. Akar gigi terdiri dari beberapa bagian yang diantaranya:

1. Semen yang merupakan jaringan ikat yang berfungsi untuk mengikat akar gigi pada gusi dan tulang rahang. 

2. Periodontal ligament, jaringan yang terbentuk dari jaringan ikat dan serat kolagen. Bagian ini membantu gigi terikat kuat pada tulang rahang. 

Baca Juga: Mengenal rotasi dan revolusi bumi serta dampaknya

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru