Mengenal 10 Jenis Teks Bahasa Inggris dari Procedure Text hingga Report Text

Jumat, 25 November 2022 | 13:48 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Mengenal 10 Jenis Teks Bahasa Inggris dari Procedure Text hingga Report Text

ILUSTRASI. Mengenal 10 Jenis Teks Bahasa Inggris dari Procedure Text hingga Report Text.


KONTAN.CO.ID -  Teks bacaan tidak bisa dipisahkan dalam materi pelajaran bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Ada berbagai macam jenis teks yang mungkin sudah Anda pelajari saat belajar kedua bahasa ini. 

Selain memahami grammar, saat belajar bahasa Inggris kita perlu mempelajari cara berbicara (speaking), menulis (writing), hingga membaca (reading) teks bahasa Inggris. 

Ketika menulis sebuah teks dalam bahasa Inggris, kita perlu memahami apa yang ingin disampaikan. Hal ini dikarenakan bentuk teks berbeda tergantung dengan subyek yang akan diceritakan. 

Merangkum dari situs Masoem University, berikut ini 10 teks bahasa Inggris yang banyak dipelajari di mata pelajaran bahasa Inggris.

Baca Juga: Iklim di Indonesia: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Dampak Perubahan Iklim  

Descriptive text

Descriptive text adalah teks yang menggambarkan manusia, hewan, tumbuhan, atau bahkan benda mati secara spesifik dan detail. Seperti namanya, teks bahasa Inggris ini biasa digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu. 

Struktur jenis text umumnya dibagi dalam dua macam, yaitu identification (identifikasi) pada pengantar dan dilanjutkan dengan description (deskripsi) secara detail.

Narrative text

Narrative text merupakan jenis teks yang berisi tentang narasi dongeng, cerita rakyat atau legenda dengan rangkaian peristiwa yang saling terhubung. 

Umumnya struktur dalam teks ini terdiri dari empat  bagian, yaitu orientation (pengenalan), complication (konflik), resolution (pemecahan masalah) dan reorientation (kesimpulan).

Recount text

Recount text adalah teks yang menceritakan narasi masa lalu, misalnya cerita momen lebaran tahun lalu. Disini kalian sebagai penulis akan menceritakan perjalanan dan pengalaman ketika momen lebaran lalu berlangsung. 

Baik narrative maupun recount text menggunakan past tense pada kalimatnya. Meskipun demikian, kedua teks bahasa Inggris ini berbeda dimana recount berisikan cerita nyata seseorang sedangkan narrartive merupakan fiksi. 

Struktur dalam recount text umumnya dibagi ke dalam tiga bagian, yaitu orientation (pengenalan), lalu dilanjutkan event (peristiwa) dan diakhiri dengan reorientation (kesimpulan).

Baca Juga: 8 Tanaman Herbal Ini Bisa Bantu Kurangi Masalah Diabetes, Murah dan Mudah Didapat

Report text

Jenis teks bahasa Inggris selanjutnya adalah report text. Teks ini adalah jenis teks yang berisi deskripsi umum yang ditulis berdasarkan fakta-fakta ilmiah. 

Report text sering digunakan oleh para guru sebagai tugas sekolah kepada para muridnya. 

Struktur isi dari report text biasanya terdiri dari general classification (klasifikasi umum) pada bagian awal kemudian dilanjutkan penulisan description (deskripsi).

News item text

News item text adalah teks yang fokus memberikan informasi kepada pembaca mengenai suatu peristiwa penting. Bentuk teks ini dapat ditemukan pada berbagai portal media online berbahasa Inggris. 

Biasanya teks ini memiliki pembagian struktur yang terdiri dari Newsworthy event (peristiwa), Background event (latar belakang peristiwa) dan sources (sumber berita).

Procedure text

Anda pasti pernah membaca buku masakan atau informasi tentang cara membuat sesuatu. 

Dalam bahasa Inggris, teks ini disebut dengan procedure text. Procedure text adalah teks yang berisi panduan dalam melakukan sesuatu. 

Teks ini dapat membantu pembaca untuk menyelesaikan suatu aktivitas yang membutuhkan instruksi tertentu. 

Struktur dari teks ini terdiri dari goal (tujuan), materials or equipment (bahan-bahan/peralatan) dan step or method (langkah-langkah).

Analytical exposition text

Analytical exposition text cocok dipilih untuk memberitakan sebuah peristiwa atau kasus penting kepada pembaca. 

Struktur dalam teks ini terdiri dari thesis (pendahuluan), arguments (argumen) dan reiteration (kesimpulan).

Explanation text

Explanation text adalah teks yang memberikan penjelasan kepada pembaca mengenai proses terjadinya fenomena alam yang terjadi. 

Pembaca akan menemukan hubungan sebab-akibat dari fenomena alam yang dijelaskan. Secara umum struktur dari teks ini terdiri dari general statement (pernyataan umum), explanation (penjelasan) dan closing (penutup).

Baca Juga: Jurusan Saintek & Soshum UGM yang Buka Kuota Terbanyak 2022, Pilihan PMB 2023

Review text

Jenis teks bahasa Inggris ini adalah jenis teks yang digunakan untuk menilai sesuatu yang ditujukan kepada pembaca maupun pihak terkait. 

Jenis teks ini dapat kalian temukan pada website yang memiliki kolom review di dalamnya. 

Struktur dari review text terdiri dari orientation (pendahuluan), evaluation (evaluasi), interpretative recount (interpretasi), evaluation (evaluasi) dan evaluation summation (evaluasi terakhir).

Hortatory exposition text

Hortatory exposition text merupakan teks yang memiliki kemiripan dengan analytical exposition text, namun lebih bersifat persuasif. 

Teks bahasa Inggris ini digunakan untuk menjelaskan mengenai suatu hal apakah boleh atau tidak boleh dilakukan. Struktur dari teks ini terdiri dari thesis (pendahuluan), arguments (argumen) dan recommendation (rekomendasi).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru