Menghitung Jumlah Bintang di Alam Semesta

Jumat, 04 Februari 2022 | 07:30 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Menghitung Jumlah Bintang di Alam Semesta


ALAM SEMESTA -JAKARTA. Lihatlah ke langit pada malam yang cerah, dan Anda akan melihat ribuan bintang. Ada sekitar 6.000 atau lebih. Tapi itu hanya sebagian kecil dari semua bintang di luar sana. Sisanya terlalu jauh bagi kita untuk melihatnya.

Namun bagi astronom mereka telah menemukan cara untuk memperkirakan jumlah total bintang di alam semesta, yang merupakan segala sesuatu yang ada. Tersebar di seluruh alam semesta adalah galaksi, kelompok bintang, planet, gas dan debu berkumpul bersama.

Melansir Scitechdaily, Kamis (3/2), seperti halnya manusia, galaksi juga beragam. Mereka datang dalam berbagai ukuran dan bentuk. Bumi berada di Bima Sakti, sebuah galaksi spiral; bintang-bintangnya berkerumun di lengan spiral yang berputar di sekitar pusat galaksi.

Baca Juga: Kenapa Bintang Dapat Memancarkan Cahanya Sendiri? Yuk Cari Tahu Di Sini

Galaksi lainnya berbentuk elips, berbentuk seperti telur dan ada pula yang tidak beraturan, dengan berbagai bentuk.

Menghitung galaksi

Sebelum menghitung jumlah bintang di alam semesta, para astronom terlebih dahulu harus memperkirakan jumlah galaksi.

Untuk melakukan itu, mereka mengambil gambar yang sangat rinci dari bagian-bagian kecil dari langit dan menghitung semua galaksi yang mereka lihat dalam gambar-gambar itu.

Baca Juga: Pengertian dan Contoh Benda Langit, mulai Planet hingga Asteroid (Bagian Kedua)

Jumlah itu kemudian dikalikan dengan jumlah gambar yang dibutuhkan untuk memotret seluruh langit. Jawabannya: Ada sekitar 2 triliun galaksi di alam semesta.

Menghitung bintang

Para astronom tidak tahu persis berapa banyak bintang di masing-masing dari 2 triliun galaksi itu. Sebagian besar sangat jauh, tidak ada cara untuk mengetahui dengan tepat.

Tapi kita bisa menebak dengan baik jumlah bintang di Bima Sakti kita sendiri. Bintang-bintang itu juga beragam, dan datang dalam berbagai ukuran dan warna.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru