Mudah dan efektif, inilah cara cepat memanjangkan rambut

Sabtu, 09 Januari 2021 | 07:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mudah dan efektif, inilah cara cepat memanjangkan rambut

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski bisa tumbuh sepanjang 6 inci tiap tahu, beberapa orang ingin menumbuhkan rambut dengan lebih cepat. Ada banyak cara cepat memanjangkan rambut yang bisa Anda coba, lo.

Melansir goodhousekeeping.com, ada beberapa hal yang bisa Anda coba. Mulai dari mengganti sisir, memakai produk perawatan rambut, dan memerhatikan penggunaan alat penata rambut.

Tak hanya itu, sering memotong rambut juga bisa dijadikan pilihan. Memotong rambut bertujuan untuk membersihkan ujung-ujung rambut yang bercabang dan rusak.

Dengan begitu, rambut Anda akan tumbuh menjadi lebih panjang, sehat, dan kuat. Selain itu, rambut yang Anda miliki juga akan terlihat lebih lembut dan berkilau.

Menahan keinginan untuk mengganti warna rambut juga bisa jadi cara menjaga kesehatan rambut Anda. Bahan kimia yang dipakai untuk mewarnai rambut akan merusak kutikula sehingga pertumbuhan rambut terganggu.

Tidak berhenti sampai di situ, berikut ini cara lainnya yang bisa Anda coba:

Baca Juga: 6 Cara mengatasi rambut kering agar lebih mudah diatur

Jaga kesehatan kulit kepala

Menjaga kesehatan kulit kepala bisa jadi cara cepat memanjangkan rambut. Langkah yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah, yaitu dengan menyisir rambut secara rutin.

Selain meningkatkan aliran darah di kulit kepala, menyisir rambut juga mampu meratakan minyak alami ke seluruh rambut.

Konsumsi makanan bergizi

Mengonsumsi makanan berprotein tinggi bisa jadi cara cepat memanjangkan rambut.

Kondisi rambut Anda juga dipengaruhi oleh makanan apa yang Anda konsumsi sehari-hari. Mengutip  goodhousekeeping.com, rambut Anda bisa tumbuh lebih cepat jika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung banyak protein.

Misalnya, daging, telur, kacang-kacangan. Selain protein, Anda juga perlu mengonsumsi banyak makanan yang kaya vitamin A, vitamin E, vitamin C, zat besi, dan zinc. Selain menumbuhkan rambut, rambut rontok pun bisa teratasi.

Baca Juga: 5 Cara menumbuhkan kumis untuk pemula

Hindari air panas

Mandi dengan air panas memang terasa nikmat karena tubuh rileks, tapi hal itu ternyata mampu membuat rambut dehidrasi. Hasilnya, pertumbuhan dan kesehatan rambut terganggu.

Untuk menghindari hal itu, cobalah untuk mencuci rambut dengan suhu air yang lebih dingin.

Minum multivitamin

Cara cepat memanjangkan rambut juga bisa Anda lakukan dengan minum multivitamin tambahan. Carilah multivitamin yang mengandung nutrisi penting untuk pertumbuhan rambut, seperti biotin, vitamin C, dan vitamin B.

Selanjutnya: 5 Cara memanjangkan bulu mata dengan bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru