Penting diketahui para pesepeda, ini manfaat jahe untuk olahraga sepeda

Rabu, 20 Januari 2021 | 14:30 WIB Sumber: Kompas.com
Penting diketahui para pesepeda, ini manfaat jahe untuk olahraga sepeda

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Olahraga sepeda masih trending di tengah pandemi corona. Untuk kamu yang baru memulai hobi sepeda, ketahui manfaat jahe sebagai berikut.

Jahe adalah rempah-rempah aromatik yang dipercaya memiliki banyak kegunaan dan khasiat bagi kesehatan. Belakangan ini jahe banyak dicari untuk dibuat minuman penghangat badan agar daya tahan tubuh meningkat sehingga mencegah infeksi virus corona. Selain itu, jahe juga memiliki banyak manfaat yang penting bagi olahraga sepeda.

Jahe banyak dipakai sebagai bumbu dapur untuk memasak. Misalnya, membuat sup atau berbagai macam kue. "Jahe secara tradisional dikenal sebagai karminatif atau zat yang menenangkan saluran usus."

Demikian dikatakan Jurubicara Academy of Nutrition and Dietetics, Sonya Angelone, M.S., RDN. "Bahkan, baru-baru ini, jahe telah ditemukan memiliki efek anti-inflamasi," sambung dia.

Jahe juga merupakan sumber fitonutrien yang baik dan mengandung fitokimia yang ditemukan dalam versi segar maupun kering. Nah, tak hanya itu, jahe ternyata memiliki banyak manfaat bagi para pesepeda untuk mengurangi peradangan, serta kondisi-kondisi yang tidak nyaman saat bersepeda.

Baca juga: Ini manfaat jahe merah sebagai obat herbal yang harus Anda ketahui

Berikut ini sejumlah manfaat jahe yang bisa dimanfaatkan oleh para pesepeda.

1. Manfaat jahe bisa mencegah keausan lutut

Bersepeda memang menjadi salah satu aktivitas fisik yang dapat menghindarkan kita dari penyakit osteoartritis atau pengapuran lutut. Namun, dalam sebuah penelitian, jahe segar juga dapat membantu menurunkan rasa sakit dan cacat dari radang sendi pada orang dengan osteoartritis.

Karena ini adalah kondisi keausan, jahe dapat membantu nyeri lutut dan lebih aman daripada minum obat non-steroid atau anti-inflamasi," ujar Angelone.

2. Manfaat jahe untuk meningkatkan pencernaan

Pesepeda dapat menangani banyak masalah usus, dari diare hingga sembelit yang mungkin memenaruhi pelatihan. Jahe terbukti membantu meningkatkan motilitas lambung, yang pada dasarnya berarti dapat membantu pergerakan makanan dari mulut ke usus besar.

Khasiat jahe yang satu ini penting bagi pengendara sepeda karena sistem pencernaan yang sehat dapat membantu meningkatkan kinerja saat olahraga sepeda.
 

Editor: Adi Wikanto
Terbaru