Perlu Anda waspadai, berikut beberapa gejala TBC

Jumat, 16 April 2021 | 18:55 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Perlu Anda waspadai, berikut beberapa gejala TBC

KONTAN.CO.ID - Tuberkulosis atau TBC adalah penyakit yang menyerang paru-paru dan disebabkan oleh infeksi bakteri. Pada awal infeksi, Anda mungkin tidak mengalami gejala TBC. Namun, seiring berjalannya waktu, ada banyak tanda infeksi TBC yang terjadi.

Semakin lama, mycobacterium tuberculosis penyebab TBC tak hanya menyerang paru-paru. Organ lain dalam tubuh Anda juga bisa terkena dampaknya. Hal itulah yang menyebabkan kondisi kesehatan tubuh Anda memburuk dari hari ke hari.

Untuk mencegah kondisi kesehatan yang lebih parah, Anda perlu memerhatikan gejala apa saja yang muncul. Dengan begitu, Anda bisa lebih cepat pula mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Gejala umum

Laman Everyday Health menyebutkan, perkembangbiakan bakteri penyebab TBC cukup lambat. Hal itu mengakibatkan gejala yang Anda rasakan juga lambat. Biasanya, Anda akan menyadari munculnya gejala setelah beberapa bulan atau tahun terinfeksi TBC.

Gejala TBC yang umum terjadi di tahap awal infeksi adalah batuk. Namun, gejala tersebut juga bisa menandakan penyakit yang lain. Jadi, ada banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya terinfeksi TBC.

Selain batuk, tentu saja ada banyak gejala umum lain yang bisa Anda rasakan. Mulai dari tidak enak badan, nyeri dada, sesak napas, batuk darah, demam, kehilangan nafsu makan, dan berat badan turun.

Jika Anda mengalami hal-hal tersebut, tidak ada salahnya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga: Kenali jenis dan manfaat obat TBC, dari paru, luar paru, resisten dll

Baca Juga: Penyakit TBC bisa disembuhkan, ini obat dan efek sampingnya

Gejala TBC ekstra paru

Infeksi bakteri penyebab TBC bisa menyebar ke organ lain dalam tubuh. Kondisi itu disebut dengan TBC ekstra paru. Bakteri menyebar ke organ lain melalui aliran darah yang Anda miliki.

Mengutip dari Everyday Health, ada beberapa gejala TBC ekstra paru yang bisa Anda rasakan. Misalnya, frekuensi buang air kecil meningkat, sakit kepala, radang sendi, sesak napas, nyeri dada, sakit panggul, dan radang sendi.

Gejala penyakit pott

Penyakit pott adalah kondisi di mana penyakit TBC menyebar hingga ke tulang belakang. Meski jarang terjadi, Anda tetap berisiko mengalami masalah kesehatan itu. Ada banyak gejala TBC yang menandai penyakit pott.

Mulai dari sakit punggung, Anda mengalami kesulitan untuk bergerak, kelumpuhan, saraf terasa sakit, hingga perubahan pada tulang belakang. Anda perlu mewaspadai gejala-gejala yang sudah disebutkan. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai.

Selanjutnya: Jangan anggap enteng! Ini 10 tanda penyakit paru-paru yang harus diwaspadai

Editor: Belladina Biananda
Terbaru