Sebelum bercerai, coba jawab dulu 7 pertanyaan ini

Sabtu, 06 Februari 2021 | 15:00 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Sebelum bercerai, coba jawab dulu 7 pertanyaan ini

KONTAN.CO.ID - Saat memutuskan membangun rumahtangga, tentu semua pasangan berharap bisa selalu bersama hingga maut memisahkan. 

Namun, permasalahan yang muncul seiring berjalannya kehidupan rumahtangga, membuat beberapa pasanagn memutuskan untuk bercerai. 

Ada beragam penyebab yang membuat pasangan suami istri memilih jalan perceraian. Perselingkuhan hingga kekerasan dalam rumahtangga (KDRT) menjadi beberapa faktor perceraian. 

Jika permasalahan rumahtangga diluar KDRT atau perselingkuhan, sebaiknya Anda bertanya pada diri sendiri mengenai pasangan, pernikahan, dan perceraian. 

Berikut beberapa pertanyaan yang perlu Anda jawab sebelum memutuskan untuk bercerai, dirangkum dari The New York Times:

  • Apakah Anda masih mencintai pasangan?

Hal yang paling pertama yang perlu Anda jawab sebelum memutuskan bercerai adalah tentang perasaan pada pasangan. 

Apakah Anda masih mencintai suami atau istri seperti dulu? Namun demikian, perasaan tidak bisa menjadi tolok ukur untuk bercerai atau bertahan. 

Terkadang, pasangan masih saling mencintai. Tetapi, karena satu dua sebab, perceraian menjadi jalan yang terbaik. 

Karenanya, Anda perlu menjawab pertanyaan-pertanyaan selanjutnya sebelum memutuskan bercerai.

Baca Juga: Pasangan mendua? Ini 5 penyebab mengapa seseorang bisa selingkuh

  • Sudahkah Anda mengutarakan kecemasan Anda pada pasangan?

Sebelum memutuskan bercerai, sudahkah Anda berkomunikasi dengan pasangan? Terkadang perceraian terjadi karena komunikasi yang kurang. 

Sherry Amatenstein, terapis pernikahan di Manhattan and Queens, menjelaskan, bisa saja salah satu pihak sudah berusaha menyampaikan keluhan tapi di sisi lain pasangan tidak memahami. 

Utarakan dengan jelas keinginan serta kecemasan Anda selama pernikahan. Hal ini bisa membuat pasangan lebih paham tentang apa yang Anda inginkan dan tidak inginkan. 

  • Apakah Anda akan merasa lebih bahagia tanpa pasangan?

Pikirkan baik-baik, apakah perceraian bisa membuat Anda lebih bahagia. Cari apa yang sebenarnya Anda inginkan dalam pernikahan secara realistis.

Apakah hal tersebut setara dengan yang Anda berikan pada pasangan. Menemukan tujuan yang jelas bisa membuat keputusan untuk bertahan tidak terlalu berat. 

Baca Juga: ​4 Tips membeli mobil pertama bagi pasangan muda

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru