Sejarah Hari Ibu 22 Desember: Wujud Perjuangan Emansipasi Wanita di Indonesia

Selasa, 21 Desember 2021 | 12:06 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Sejarah Hari Ibu 22 Desember: Wujud Perjuangan Emansipasi Wanita di Indonesia

ILUSTRASI. Sejarah Hari Ibu 22 Desember di Indonesia. Tribun Jateng/Hermawan Handaka.


HARI IBU - Sejarah Hari Ibu yang diperingati tanggal 22 Desember di Indonesia menjadi wujud perjuangan emansipasi wanita di negeri ini. Tahun ini, Hari Ibu diperingati pada Rabu, 22 Desember 2021.

Sejarah Hari Ibu diawali dari bertemunya para pejuang wanita dengan mengadakan Kongres Perempuan Indonesia I pada 1928, di tahun yang sama dengan Sumpah Pemuda.

Kongres Perempuan pada 1928 tersebut menjadi sejarah Hari Ibu yang diperingati tanggal 22 Desember. Dirangkum dari laman resmi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Kompaspedia, pada 22-25 Desember 1928 organisasi-organisasi perempuan mengadakan kongres pertamanya di Yogyakarta.

Kongres ini bertujuan untuk mempersatukan cita-cita dan usaha memajukan perempuan Indonesia, serta menggabungkan organisasi-organisasi perempuan Indonesia dalam suatu badan federasi yang demokratis tanpa memandang latar belakang agama, politik, dan kedudukan sosial dalam masyarakat.

Baca Juga: 14 Ucapan Selamat Hari Ibu 2021 dan Quote dalam Bahasa Indonesia serta Bahasa Inggris

Selain itu, kongres tersebut juga untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia, berdampingan dengan kaum muda dan para bapak.

Kongres ini dihadiri sekitar 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatra. Kongres Perempuan Indonesia I diselenggarakan di Djojodipuran, Yogyakarta,

Organisasi wanita yang ikut dalam kongres itu antara lain Wanita Utomo, Wanita Khatolik, dan Jong Java bagian Perempuan.

Salah satu hasil kongres ini adalah mendirikan badan permufakatan bernama Perikatan Perkumpulan Perempuan Indonesia (PPPI), yang bertujuan menjadi pertalian segala perhimpunan perempuan Indonesia dan memperbaiki nasib dan derajat perempuan Indonesia.

Baca Juga: 7 Lagu Bertema Ibu yang Paling Populer, Cocok Diputar di Hari Ibu 22 Desember

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru