Sejarah Santa Maria Novella, apotek dan toko parfum tertua di dunia

Jumat, 16 Oktober 2020 | 10:42 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Sejarah Santa Maria Novella, apotek dan toko parfum tertua di dunia


SEJARAH - Bagi penggemar produk perawatan kulit mewah mungkin tidak asing dengan nama Santa Maria Novella. Santa Maria Novella adalah nama brand untuk produk perawatan kulit seperti hand cream, lotion, parfum dan sebagainya. 

Di Indonesia, produk Santa Maria Novella dapat ditemukan setidaknya di tiga tempat. Di antaranya adalah di Gunawarman Hotel, Galeries Lafayette Pacific Place, dan di Seibu, Grand Indonesia. 

Namun, Santa Maria Novella ternyata memiliki sejarah cukup panjang. Bermula dari sebuah apotek yang didirikan pada 1221, Santa Maria Novella dikenal sebagai salah satu apotek tertua di dunia. 

Apotek yang berada di Florence, Italia tersebut hingga kini masih berdiri dan menjual produk-produk Santa Maria Novella. Apotek itu pun kini juga berfungsi sebagai museum. 

Baca Juga: Patung Godzilla raksasa di Jepang sudah dibuka untuk umum, begini penampakannya

Awal pendirian

Produk Santa Maria Novella

Dirangkum dari laman resmi Museum in Florence, Officina Profumo-Farmaceutica Santa Maria Novella adalah salah satu apotek tertua di dunia.

Apotek itu didirikan oleh para biarawan Dominika pada 1221 tak lama setelah kedatangan mereka di Florence. Bahan-bahan yang digunakan di apotek tersebut adalah tanaman obat yang ditanam di taman biara untuk membuat obat, maupun balsem untuk rumah sakit para biarawan. 

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru