Selain jeruk, ini 5 makanan yang mengandung vitamin C

Rabu, 11 Agustus 2021 | 12:57 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Selain jeruk, ini 5 makanan yang mengandung vitamin C

ILUSTRASI. Mangga termasuk salah satu makanan yang mengandung vitamin C.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Biasanya, jeruk jadi salah satu andalan makanan yang mengandung vitamin C. Namun, vitamin C yang tinggi juga bisa Anda dapat dari jenis makanan yang lain, lo. Dengan memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi itu, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapat.

Vitamin C berfungsi untuk mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh. Sistem imun tubuh juga bisa meningkat saat Anda rutin mengonsumsi vitamin C. tidak berhenti sampai di situ, vitamin C juga efektif meningkatkan penyerapan nutrisi lain.

Mengutip dari Women’s Health (womenshealthmag.com), usahakan untuk mengonsumsi minimal 75 mg vitamin C per hari. Anda tidak perlu khawatir karena kebutuhan itu dapat terpenuhi dengan rutin mengonsumsi beberapa jenis makanan di bawah ini.

Mangga

Mangga termasuk salah satu makanan yang mengandung vitamin C. Dalam satu mangga, Anda bisa mendapat 75 mg vitamin C. Tidak hanya itu, masih banyak nutrisi lain yang bisa Anda dapat dari mengonsumsi mangga. Mulai dari 2 mg natrium, 3 g serat, 2 g protein, dan lain-lain.

Baca Juga: 5 Teh herbal penurun asam urat yang bahannya mudah didapat

Tomat

Bahan alami berikutnya yang memiliki vitamin C cukup tinggi adalah tomat. Anda bisa mendapat sekitar 174 mg vitamin C dari minum segelas jus tomat murni. Rutin mengonsumsi bahan alami itu juga bisa jadi menu diet sehat karena dalam ukuran yang sama, hanya terdapat 42 kalori dan 1 g lemak.

Brokoli

Apakah Anda penggemar brokoli? Ternyata, jenis sayur itu termasuk salah satu makanan yang mengandung vitamin C, lo. Dalam satu gelas brokoli, Anda bisa mendapat 81 mg vitamin C. Selain itu, brokoli juga bisa jadi sumber nutrisi penting lainnya karena mengandung protein, serat, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman Alami yang Ampuh Meredakan Asma

Pepaya

Women’s Health merekomendasikan pepaya sebagai sumber vitamin C. Hampir sama dengan brokoli, segelas pepaya mengandung 88 mg vitamin C. Tidak berhenti sampai di situ, pepaya juga termasuk salah satu sumber serat dan vitamin A yang bisa Anda jadikan pilihan.

Nanas

Salah satu cara meningkatkan sistem imun tubuh adalah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, seperti nanas.

Jenis buah lainnya yang bisa jadi sumber vitamin C adalah nanas. Anda bisa mendapat 79 mg vitamin C dalam satu gelas buah nanas yang sudah dipotong. Rutin mengonsumsi nanas juga bisa memenuhi kebutuhan tubuh akan mangan dan jenis mineral yang lain. Dengan begitu, kesehatan tubuh dapat terjaga.

Selanjutnya: Ampuh! 5 Makanan Ini Bisa Membunuh Kanker Prostat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru