Setelah vaksin Covid-19 alami efek samping ini? Berikut yang harus Anda lakukan

Kamis, 15 April 2021 | 20:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Setelah vaksin Covid-19 alami efek samping ini? Berikut yang harus Anda lakukan


KESEHATAN - Efek samping vaksin Covid-19 adalah hal umum yang bisa Anda alami. Misalnya, rasa sakit di sekitar bekas suntikan, dan demam. Namun, ada beberapa efek samping yang perlu Anda perhatikan karena menunjukkan kondisi yang serius.

Segera hubungi dokter jika Anda merasakan rasa nyeri di kaki, perut, dan kepala setelah disuntikan vaksin. Mengutip dari Best Life, hal itu bisa jadi tanda penggumpalan darah yang bernama CVST atau Cerebral Venous Sinus Thrombosis.

Meski jarang terjadi, kondisi itu tetap bisa Anda alami. Selain sakit yang terasa di bagian tubuh tersebut, efek samping lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah sesak napas, pandangan mengabur, kejang, dan pingsan.

Semakin cepat Anda mendapat perawatan, semakin rendah pula risiko masalah kesehatan yang bisa Anda alami. Biasanya, sakit kepala atau nyeri otot yang terjadi akibat CVST berlangsung selama satu hingga tiga minggu setelah Anda mendapat vaksin Covid-19.

Baca Juga: Efek samping vaksin Covid-19 bisa terjadi karena 4 hal ini

Baca Juga: Sudah disuntik vaksin Covid-19? Perhatikan konsumsi makanan ini

Sedangkan untuk efek samping vaksin virus corona yang biasa akan hilang dalam waktu beberapa hari. Best Life menambahkan, efek samping yang serius biasanya dialami oleh mereka yang berusia kurang dari 50 tahun.

Sehubungan dengan hal itu, Anda perlu mengetahui ada beberapa faktor yang mampu meningkatkan risiko munculnya efek samping. Mulai dari usia, jenis kelamin, jenis vaksin, hingga riwayat kesehatan.

Efek samping vaksin Covid-19 lebih mudah muncul pada perempuan dan mereka yang berusia muda. Selain itu, efek samping akan lebih terasa pada Anda yang sudah pernah terinfeksi virus corona. Sebab, tubuh Anda mengingat virus yang sudah pernah menyerang tubuh.

Selain memerhatikan efek samping vaksin Covid-19, ada hal lain yang juga perlu Anda perhatikan.

Usahakan untuk tidak melakukan olahraga sebelum dan sesudah disuntik vaksin. Anda perlu menunggu beberapa hari sampai efek samping benar-benar hilang sebelum kembali menjalankan kebiasan olahraga.

Selanjutnya: Jangan lakukan 5 hal ini setelah mendapat suntikan vaksin Covid-19

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru