Termometer suhu: Pengertian, jenis, serta skala yang digunakan

Jumat, 20 Agustus 2021 | 12:06 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Termometer suhu: Pengertian, jenis, serta skala yang digunakan

ILUSTRASI. Termometer suhu: Pengertian, jenis, serta skala yang digunakan.


KONTAN.CO.ID - Selama pandemi Covid-19, masyarakat yang akan memasuki kawasan publik seperti supermarket pasti akan dicek suhu tubuhnya terlebih dahulu menggunakan termometer. Sebenarnya, apa termometer itu?

Termometer merupakan alat yang digunakan untuk mengukur suhu atau temperatur suatu benda, mulai suhu tubuh hingga suhu ruangan. 

Suhu, melansir dari Lumen learning, digunakan secara ilmiah untuk menunjukkan ukuran derajat tingkat panas atau dingin suatu benda. 

Untuk menentukan derajat tersebut dibutuhkan alat yang bernama termometer. Karenanya, pengukuran suhu menggunakan sentuhan seperti jari tangan tak bisa dipertanggungjawabkan karena tidak menunjukkan derajat yang pasti. 

Baca Juga: Bilangan bulat: Pengertian, contoh, dan operasi hitung bilangan bulat

Penggunaan raksa dan alkohol pada termometer

Termometer yang biasa digunakan merupakan termometer cair yang berisikan pipa kapiler dan di dalamnya berisi raksa atau alkohol. Raksa digunakan karena memiliki beberapa keunggulan, di antaranya:

  • Cepat panas dari benda yang akan diukur suhunya sehingga suhunya sama dengan suhu benda yang akan diukur
  • Mudah dilihat karena mengkilat
  • Dapat digunakan untuk mengukur suhu rendah dan tinggi. Raksa membeku pada suhu -39 derajat Celcius dan mendidih pada suhu 357 derajat Celcius
  • Tidak membasahi dinding
  • Pemuaiannya teratur
  • Kalor jenisnya rendah sehingga sensitif terhadap perubahan suhunya

Alkohol bisa juga digunakan karena titik bekunya cukup rendah yaitu pada -114 derajat Celcius. Namun, termometer alkohol jarang digunakan untuk mengukur suhu tinggi karena titik didiknya hanya 78 derajat Celcius.

Baca Juga: Inilah cara efektif belajar mandiri di rumah untuk pelajar, yuk dicoba

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru