Ucapan Selamat Imlek 2023 selain Gong Xi Fa Cai dan Arti Ucapannya

Sabtu, 21 Januari 2023 | 11:30 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ucapan Selamat Imlek 2023 selain Gong Xi Fa Cai dan Arti Ucapannya


EDUKASI -  Selain Gong Xi Fa Cai, sebenarnya masih ada berbagai ucapan yang bisa Anda gunakan untuk memberikan selamat Hari Raya Imlek tahun 2023. 

Perayaan Imlek merupakan perayaan penting bagi masyarakat Tionghoa. Tahun ini adalah perayaan Imlek Tahun Kelinci Air. 

Sejak beberapa hari ini, banyak pusat perbelanjaan dan tempat umum lainnya yang dihias dengan nuansa Imlek. 

Pernak-pernik Imlek seperti lampion berwarna merah dan emas hingga barongsai banyak ditemui di berbagai tempat. 

Baca Juga: Calon Suami, Ini 5 Hal Penting yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Menikah Selain Mahar

Selain pernak-pernik khas Tahun Baru China, kita pasti juga sering mendengar ungkapan khas yang biasa diucapkan saat Hari Raya Imlek. 

Berikut ini rangkuman dari Instagram Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) tentang 7 ucapan Selamat Imlek beserta artinya. 

Ucapan selamat Hari Raya Imlek 2023 dan artinya

1. Gong xi fa chai

Arti dari ungkapan Selamat Imlek ini adalah "semoga mendapatkan lebih banyak kekayaan atau kemakmuran", "semoga lebih kaya raya" dan "semoga bernasib kaya".

2. Xin nian kuai le

Xin nin kuai le adalah ucapan yang biasa diucapkan saat Tahun Baru China 2023. Ungkapan ini memiliki arti "selamat tahun baru".

3. Nian nian you yu

Makna harfiah dari ungkapan ini adalah tahun-tahun ada sisa. Ungkapan Hari Raya Imlek ini juga bisa diartikan: "Semoga setiap tahun ada sisa", "semoga makin makmur dan sejahtera", dan "semoga kemakmuran datang kepadamu setiap tahun".

4. Shen ti jian kang

Shen ti jian kang secara harfiah berarti tubuh sehat. Ungkapan ini memiliki arti : "semoga tubuh selalu sehat (agar dapat mengerjakan segala hal yang diinginkan" dan "semoga selalu sehat".

Baca Juga: Bank DKI Buka Lowongan kerja Terbaru 2023, Ini Syarat Pendaftarannya

5. Wan shi ru yi

Secara harfiah ungkapan Selamat Hari Raya Imlek ini memiliki arti sepuluh ribu masalah sebagai makna atau sepuluh ribu masalah seperti diharapkan. 

Wan shi ru yi bisa diartikan: "Semoga segala hal sesuai harapan", walau ada sepuluh ribu masalah, semoga semua berjalan sesuai harapan", dan "semoga mimpi atau harapan mu terpenuhi".

6. Sui sui ping an

Ungkapan yang biasa disampaikan saat Tahun Baru China ini memiliki makna "semoga terhindar dari segala celaka dan marabahaya" dan "semoga selalu damai dan aman".

7. Xian nian jin bu

Ungkapan Selamat Imlek 2023 selanjutnya adalah xian nian jin bu. Ungkapan ini memiliki arti "semoga mendapat kemajuan pada tahun ini", dan "semoga mendapat kemajuan dalam segala aspek kehidupan".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru