Umumnya tidak terlalu terlihat, ini ciri-ciri kanker serviks

Senin, 15 November 2021 | 19:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Umumnya tidak terlalu terlihat, ini ciri-ciri kanker serviks

KONTAN.CO.ID - Umumnya, ciri-ciri kanker serviks memang tidak terlaluĀ terlihat di masa awal kemunculan penyakit itu. Tapi, seiring waktu berjalan, saat pertumbuhan sel kanker mulai memburuk, ada beberapa gejala yang mungkin Anda alami.

Sebetulnya, beberapa gejala kanker serviks yang disebutkan dalam artikel ini bisa menandakan masalah yang lain. Maka dari itu, Anda tidak boleh ragu untuk segera berkonsultasi ke dokter. Ceritakan kondisi apa saja yang Anda alami ke dokter.

Dokter umumnya akan melakukan beberapa pemeriksaan terlebih dahulu. Natinya, dokter akan menggabungkan hasil pemeriksaan dengan beberapa gejala di bawah ini untuk melakukan diagnosa yang tepat. Berikut ciri-ciri kanker serviks:

Pendarahan

Darah yang keluar dari vagina merupakan hal yang wajar, apalagi jika Anda berada dalam siklus menstruasi. Sayangnya, hal itu bisa jadi gejala kanker serviks. Apalagi, jika pendarahan keluar saat Anda tidak menstruasi, setelah Anda memasuki masa menopause, atau setelah Anda berhubungan seksual.

Namun, bukan berarti Anda harus mencurigai semua bentuk pendarahan yang terjadi setelah Anda berhubungan seksual, ya. Mengutip dari Cancer Research UK, pendarahan tersebut juga bisa terjadi karena konsumsi pil KB, hamil, atau faktor yang lain.

Baca Juga: Kanker kelenjar getah bening, apa penyebab dan gejalanya?

Muncul rasa sakit

Salah satu ciri-ciri kanker serviks adalah muncul rasa sakit saat Anda berhubungan seksual.

Selain menyebabkan pendarahan, ciri-ciri kanker serviks juga ditandai dengan munculnya rasa sakit saat Anda berhubungan seksual. Kondisi itu disebut dengan istilah dispareunia.

Selain karena kanker serviks, rasa sakit saat berhubungan seksual bisa terjadi karena hal lain. Makanya, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga: Ini penyebab dan gejala kanker kelenjar getah bening

Gejala yang lain

Tidak hanya pendarahan dan muncul rasa sakit ketika Anda berhubungan seksual, masih ada kondisi lain yang tergolong dalam ciri-ciri kanker serviks. Melansir Cancer Research UK, kanker serviks bisa ditandai dengan keputihan yang berbau tidak sedap.

Selain itu, kanker serviks juga membuat area selangkangan terasa sakit. Anda perlu segera membicarakan kondisi Anda ke dokter. Dengan begitu, langkah perawatan yang Anda butuhkan bisa segera Anda lakukan.

Untuk mencegah kondisi yang lebih parah, Anda juga bisa melakukan medical check up secara teratur.

Selanjutnya: Soal denda biro haji dan umrah, begini catatan asosiasi dan pelaku usaha

Editor: Belladina Biananda
Terbaru