Untuk penderita hipertensi, makanan ini penyebab darah tinggi selain garam

Senin, 29 Maret 2021 | 11:35 WIB Sumber: Kompas.com
Untuk penderita hipertensi, makanan ini penyebab darah tinggi selain garam


KESEHATAN - Jakarta. Penderita diabetes harus mengatur jumlah porsi garam dalam makananannya karena bisa meningkatkan tekanan darah. Selain garam. beberapa bahan makanan lain juga perlu dihindari karena bisa menyebabkan darah tinggi.

Makanan manis, dan makanan tinggi lemak jenuh, terbukti dapat meningkatkan tekanan darah. Oleh sebab itu, menghindarinya pun dapat membantu Anda mendapatkan dan mempertahankan tekanan darah yang sehat.

American Heart Association (AHA) merekomendasikan makan banyak buah, sayuran, protein tanpa lemak, dan biji-bijian untuk mencegah darah tinggi. Pada saat yang sama, AHA merekomendasikan Anda untuk menghindari daging merah, garam (natrium), serta makanan dan minuman yang mengandung gula tambahan untuk mencegah darah tinggi.

Pasalnya, makanan ini bisa menjaga tekanan darah Anda tetap tinggi. Hal itu tentu tidak baik. Seperti diketahui, hipertensi dapat menyebabkan gangguan kesehatan dari waktu ke waktu, termasuk penyakit jantung dan stroke.

Untuk mendapatkan hidup lebih sehat, berikut ini adalah beragam makanan penyebab darah tinggi selain garam yang baik dibatasi atau dihindari, terlebih jika Anda telah mengidap hipertensi:

1. Alkohol

Alkohol juga termasuk kelompok bahan makanan / minuman yang menyebabkan darah tinggi. Minum terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Jadi, Anda harus membatasinya atau menghindarinya jika tidak ingin mengalami hipertensi.

Begitu juga jika Anda telah memiliki tekanan darah tinggi. Dokter Anda mungkin akan menyarankan agar Anda mengurangi jumlah alkohol yang Anda minum. Alkohol juga dapat mencegah obat tekanan darah apa pun yang Anda konsumsi bekerja secara efektif melalui interaksi obat.

Selain itu, banyak minuman beralkohol yang tinggi gula dan kalori. Artinya, minum alkohol dapat berkontribusi pada kelebihan berat badan dan obesitas, yang dapat meningkatkan risiko hipertensi.

Baca juga: Jarang diketahui, ini manfaat konsumsi kedelai bagi kesehatan tubuh

2. Pizza beku

Kemudian, makanan penyebab darah tinggi selain garam adalah pizza beku. Kombinasi bahan-bahan dalam pizza beku dapat membuat makanan ini tinggi gula, lemak jenuh, dan natrium.

Pizza beku memang bisa memiliki kadar natrium yang sangat tinggi. Keju yang digunakan dalam pizza beku sering kali mengandung natrium tinggi. Di mana, hanya dengan dua potong keju, bisa menawarkan asupan 512 mg sodium atau natrium.

Biasanya keju ini dikombinasikan dengan adonan dasar pizza yang asin atau manis, daging yang diawetkan, dan saus tomat. Untuk mempertahankan rasa pada pizza setelah dimasak, produsen sering kali menambahkan banyak garam.

Satu pepperoni pizza 12 inci, dimasak dari beku dilaporkan bisa mengandung 3.140 mg natrium, yang jauh di atas batas harian 2.300 mg. Sebagai gantinya, cobalah membuat pizza sendiri di rumah yang menyehatkan dengan menggunakan adonan ramah gula-garam, keju rendah sodium, dan banyak sayuran sebagai topping.

Simak daftar makanan penyebab darah tinggi di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto

Terbaru