Urutan 9 Gunung Tertinggi di Jawa, Berapa Ketinggiannya?

Senin, 06 Maret 2023 | 15:28 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Urutan 9 Gunung Tertinggi di Jawa, Berapa Ketinggiannya?

ILUSTRASI. Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Jawa.


CARI TAHU - Penjelasan mengenai urutan  gunung tertinggi di Jawa bisa disimak di artikel ini. Pulau Jawa memiliki banyak gunung berapi aktif lantaran posisinya yang tepat berada pada garis cincin api Bumi.

Sehingga, di Pulau banyak terdapat gunung-gunung tinggi dan indah yang jadi tujuan pendakian para petualang.

Nah, gunung tertinggi di Jawa yakni Gunung Semeru bahkan menjadi latar sebuah film tentang persahabatan di Indonesia. 

Lantas, apa saja gunung tertinggi di Jawa? 

Baca Juga: Urutan 10 Gunung Tertinggi di Indonesia, Ada 3 di Papua

Urutan 9 gunung tertinggi di Jawa 

Dirangkum dari laman Indonesia Baik dan Gramedia, berikut adalah urutan 9 gunung tertinggi di Jawa:

1. Gunung Semeru

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Jawa.

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Jawa. Gunung Semeru adalah gunung api aktif yang merupakan gunung dengan ketinggian 3676 meter di atas permukaan laut (mdpl). 

Puncak Gunung Semeru disebut sebagai Mahameru  dan menjadi gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat. Gunung Semeru juga menjadi gunung tertinggi di Jawa Timur. 

Baca Juga: Perhutani Garap Kanal Digital untuk Tiket Wisata Kawasannya

Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko. Gunung Semeru secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yaitu Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. 

Gunung itu termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Di atas ketinggian Gunung Semeru terdapat danau yang dinamakan Ranukumbolo, yang menjadi salah satu tempat paling romantis di gunung yang berada di Malang, Jawa Timur ini.

Baca Juga: United Tractors dan Perhutani Targetkan Perbaikan 10.000 Hektar Hutan

2. Gunung Slamet

Gunung Slamet adalah salah satu gunung tertinggi di Jawa.

Gunung Slamet adalah gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa. Gunung Slamet adalah gunung api aktif yang berada di area Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Tegal dan Pemalang. 

Gunung Slamet mempunyai ketinggian 3428 mdpl. Gunung Slamet juga menjadi gunung tertinggi di Jawa Tengah. 

Baca Juga: 10 Resep Sukses yang Bikin Warren Buffett Kaya Raya

3. Gunung Sumbing

Gunung Sumbing adalah gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa.

Gunung Sumbing adalah gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa. Tegak setinggi 3.372 meter dari permukaan laut, gunung ini terletak di tiga kabupaten Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang, Temanggung, dan Wonosobo.

Baca Juga: Senin TIba, Cek Ganjil Genap Jakarta Pagi (6/3): Hari Ini Tanggal Genap!

4. Gunung Arjuno

Gunung tertinggi di Jawa yang keempat adalah Gunung Arjuno. Gunung Arjuno (terkadang dieja Gunung Arjuna) adalah sebuah gunung berapi kerucut (istirahat) di Jawa Timur dengan ketinggian 3.339 mdpl. 

Gunung Arjuno yang terletak bersebelahan dengan Gunung Welirang ini tidak memilki kawah, sehingga asap putih yang biasa terlihat sebenarnya berasal dari Gunung Welirang. Puncak Arjuno dikenal dengan nama puncak Ogal Agil.

Baca Juga: Perhutani Garap Kanal Digital untuk Tiket Wisata Kawasannya

5. Gunung Raung

Gunung Raung adalah salah satu gunung tertinggi di Jawa.

Gunung Raung adalah salah satu gunung tertinggi di Jawa. Gunung berapi kerucut ini terletak di ujung timur Pulau Jawa, Indonesia dengan ketinggian 3332 mdpl. 

Secara administratif, kawasan Gunung Raung termasuk dalam wilayah tiga kabupaten di wilayah Besuki, Jawa Timur, yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember. Gunung Raung adalah salah satu destinasi pendakian dengan jalur treknya yang dianggap menantang. 

Gunung Raung mempunyai sebuah puncak yang sangat terkenal, yang disebut dengan puncak sejati. Gunung ini merupakan salah satu dari 10 gunung tertinggi di Jawa. 

Baca Juga: Pilihan SNBT 2023, Ini Daftar 94 PTN di Indonesia dari Aceh Hingga Papua Barat

6. Gunung Lawu

Gunung Lawu juga termasuk dalam urutan gunung tertinggi di Jawa.

Gunung Lawu juga termasuk dalam urutan gunung tertinggi di Jawa. Gunung Lawu terletak di perbatasan Jawa Tengah (Kabupaten Wonogiri) dan Jawa Timur (Kabupaten Magetan).  

Gunung Lawu memiliki tiga puncak, Puncak Hargo Dalem, Hargo Dumling, dan Puncak Hargo Dumilah. Di antara ketiga puncak tersebut, Puncak Hargo Dumilah merupakan puncak tertinggi dengan ketinggian 3,265 mdpl.

Baca Juga: Abaikan Ganjil Genap Jakarta Pagi Ini (4/3), Leluasa ke Jakarta Hari Sabtu!

7. Gunung Welirang

Selanjutnya, gunung tertinggi di Jawa diposisi ketujuh adalah Gunung Welirang. Gunung Welirang memiliki ketinggian 3.156 mdpl. 

Meski tingginya tidak sama, letaknya yang berdekatan dengan Gunung Arjuna membuat Gunung Welirang mendapatkan julukan sebagai saudara kembar Gunung Arjuna. 

Dalam bahasa Jawa, "Welirang" berarti belerang. Ini dapat dilihat pada puncak Welirang yang diselimuti asap putih dari kawahnya yang menyemburkan belerang.

Baca Juga: Kapasitas Produksi Meningkat Pesat, Hassana Boga Siap Bantu Penanganan Stunting

8. Gunung Sindoro

Gunung Sindoro juga termasuk salah satu gunung tertinggi di Jawa.

Gunung Sindoro juga termasuk salah satu gunung tertinggi di Jawa. Gunung Sindoro memiliki ketinggian 3.150 mdpl, terletak di Jawa Tengah dengan kota terdekatnya adalah Temanggung. 

Gunung Sindoro terletak berdampingan dengan Gunung Sumbing. Gunung Sindoro memiliki kawah dengan jurang di sisi barat laut ke selatan bernama Kembang.

Baca Juga: Kenali Kepribadian Seseorang dari Bentuk Dahinya Berikut Ini, yuk

9. Gunung Merbabu  

Selanjutnya, gunung tertinggi di Jawa yakni Gunung Merbabu.

Selanjutnya, gunung tertinggi di Jawa yakni Gunung Merbabu. Gunung Merbabu memiliki ketinggian 3.145 mdpl yang terletak di beberapa wilayah, yaitu Kabupaten Magelang di lereng sebelah barat, Kabupaten Boyolali di lereng timur, dan Kabupaten Semarang di lereng utara. 

Demikian informasi mengenai beberapa gunung tertinggi di Jawa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru