Waspada gejala thalasemia pada anak, kenali cara pengobatannya

Jumat, 18 Desember 2020 | 21:05 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Waspada gejala thalasemia pada anak, kenali cara pengobatannya


KESEHATAN - Thalasemia adalah salah satu penyakit genetik terbanyak di dunia. Penyakit ini ditandai dengan tidak terbentuk atau berkurangnya salah satu rantai globin baik itu -α ataupun -β yang merupakan komponen penyusun utama molekul hemoglobin normal.

Berdasarkan hal tersebut thalasemia dibedakan menjadi thalassemia -α dan thalasemia -β. 

Secara klinis thalassemia dibagi menjadi dua yakni thalasemia mayor dan thalasemia minor. Thalasemia mayor adalah pasien memerlukan transfusi darah yang rutin dan adekuat seumur hidupnya.

Sementara thalasemia minor adalah salah satu jenis thalasemia yang tergolong ringan. Kondisi ini disebut juga thalasemia trait atau sifat thalasemia karena hanya pembawa sifat.  

Baca Juga: BPJS Kesehatan, melayani dan menanggung penyakit apa saja?

Gejala thalasemia pada anak

Dirangkum dari laman resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), semakin dini diagnosis thalassemia ditegakkan dan semakin cepat anak mendapatkan transfusi darah, maka harapan dan kualitas hidup anak tersebut akan semakin baik.

Oleh karena itu orangtua harus mewaspadai tanda atau gejala klinis yang timbul walaupun hanya ringan dan jangan mengabaikannya. 

Gejala tersebut antara lain anak akan tampak pucat akibat turunnya kadar hemoglobin (Hb), kadang anak terlihat kuning, ikterus (bayi kuning) akibat hemolisis yang berat dan dapat disertai tanda gangguan fungsi jantung. 

Gejala lainnya yang mungkin muncul adalah  terabanya benjolan pada perut anak saat orangtua memandikan anaknya. 

Pembesaran ini biasanya adalah organ limpa  yang membesar akibat kompensasi dari anemia kronis. Sebab limpa bekerja keras membantu kerja tulang untuk membentuk sel darah merah.

Baca Juga: Daftar layanan dan penyakit yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru