Yuk Jaga Kelestarian Laut dari Pencemaran Sampah dengan Revitalisasi, Ini Caranya

Jumat, 17 Juni 2022 | 15:52 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Yuk Jaga Kelestarian Laut dari Pencemaran Sampah dengan Revitalisasi, Ini Caranya

ILUSTRASI. Yuk Jaga Kelestarian Laut dari Pencemaran Sampah dengan Revitalisasi, Ini Caranya. Laurent Lombard/Operation Mer Propre via REUTERS.


KONTAN.CO.ID - Laut merupakan salah satu ekosistem yang penting dalam kehidupan makhluk hidup di bumi. Di dalamnya terdapat banyak kehidupan yang akan terancam jika laut tercemar. 

Seperti tema yang diangkat pada Hari Laut Sedunia pada 8 Juni 2022 lalu, Revitalization: Collective Action for the Ocean (Revitalisasi: Aksi Kolektif untuk Lautan), lautan memiliki peran yang penting. 

Bersumber dari situs Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, lautan menghubungkan, menopang, dan mendukung kehidupan manusia. 

Namun, saat ini kondisi lautan berada pada titik kritis, begitu juga kesejahteraan semua makhluk hidup yang bergantung pada laut. 

Baca Juga: Waspada, Simak Gejala dan Cara Mencegah Omicron Varian BA4 dan BA5 dari Pakar UGM Ini

Karenanya, kita perlu bekerjasama untuk menciptakan keseimbangan baru dengan lautan yang tidak lagi menghabiskan karunia-Nya. Sebaliknya mengembalikan semangat dan membawa lautan kepada kehidupan baru melalui langkah-langkah revitalisasi. 

Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk merevitalisasi laut dan ekosistem di dalamnya adalah dengan tidak membuang sampah di laut. 

Dampak membuang sampah di lautan

Meskipun kecil, sampah berukuran kecil seperti puntung rokok, kantong plastik, kotak bekas minuman kemasan, atau potongan kayu dapat mengganggu keberlangsungan laut karena termasuk dalam sampah yang sulit diurai di laut.

Timbulan sampah di lautan memiliki dampak besar pada kehidupan laut dan juga bisa berpengaruh pada kehidupan manusia. Dampak yang ditimbulkan antara lain:

  • Mengganggu pergerakan dan bisa menjerat satwa laut
  • Mencemari kesegaran dan kejernihan air laut
  • Menyebabkan kematian satwa laut 
  • Menyebabkan penyakit jika ikan tercemar limbah dikonsumsi oleh manusia 
  • Menghambat perjalanan dan berpotensi merusak kapal laut. 

Berikut ini cara untuk mencegah laut dari pencemaran dengan langka-langkah revitalisasi, dirangkum dari situs Direktorat SMP Kemendikbud Ristek.

Baca Juga: BUMN Virama Karya Buka Lowongan Kerja Terbaru 2022, Banyak Posisi Dibuka

Cara menjaga kelestarian laut dari sampah

1. Menggunakan botol air minum

Langkah pertama untuk menjaga lautan dari pencemaran adalah menggunakan botol air minum yang bukan sekali pakai. 

Dengan cara ini, sampah dari wadah sekali pakai bisa berkurang. Menggunakan botol minum sendiri juga membantu kita mengetahui jumlah konsumsi minuman yang dikonsumsi setiap harinya.

2. Membatasi penggunaan kantong plastik

Saat membeli sesuatu, cobalah untuk mengganti kantong plastik dengan kantong belanja kain. Hal ini bermanfaat mengurangi potensi sampah kantong plastik sekali pakai dari aktivitas berbelanja. 

Saat ini sudah banyak kantong belanja kain yang memiliki bentuk dan kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan kantong plastik. 

Dengan cara ini, Anda bisa lebih menghemat penggunaan plastik karena belanjaan bisa langsung dibawa dalam satu kantong tanpa menambah kantong lainnya serta menjaga kelestarian lautan kita.

3. Mengurangi membeli makanan dan minuman kemasan

Tahukah Anda jika kemasan karton berlilin yang digunakan untuk minuman kemasan termasuk dalam sampah yang sulit diurai? 

Karenanya, sebaiknya mulai mengurangi pembelian makanan dan minuman kemasan. Jika tidak ada pilihan lain untuk membeli makanan dan minuman, sebaiknya Anda membawa wadah sendiri untuk menaruh makanan dan minuman yang dibeli.

Baca Juga: Cara Mudah Perpanjangan SIM Online 2022 serta Biaya dan Dokumen Persyaratannya

4. Tidak memakai peralatan makan sekali pakai

Peralatan makan sekali pakai memang praktis karena bisa mempermudah kita saat saat makan di luar rumah. Namun penggunaan alat makan sekali pakai dapat menambah masalah limbah di lingkungan khususnya laut.

Alat makan sekali pakai terutama yang terbuat dari material plastik cukup banyak ditemukan di lautan kita. 

Apa saja yang termasuk alat makan sekali pakai? Sendok plastik, garpu plastik, dan sedotan plastik adalah contoh alat makan sekali pakai. Usahakan untuk menggunakan alat makan yang bisa digunakan berkali-kali.

5. Melakukan bersih laut atau pantai

Cara selanjutnya untuk menjaga kelestarian lautan dengan mengurangi sampah di laut adalah dengan melakukan bersih-bersih sampah di laut atau pantai. 

Kegiatan bersih-bersih pantai tentunya dapat mengantisipasi sampah yang ada di pantai terbawa arus ke laut. Sedangkan pembersihan laut berguna untuk mengurangi sampah yang ada baik di permukaan laut maupun di dalam laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru