4 Efek samping minyak zaitun ini perlu Anda waspadai

Sabtu, 09 Januari 2021 | 08:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Efek samping minyak zaitun ini perlu Anda waspadai

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski memiliki banyak manfaat, Anda juga perlu memerhatikan efek samping zaitun yang muncul di tubuh Anda. Dengan begitu, Anda bisa segera mendapat perawatan yang tepat sesuai dengan efek samping yang Anda alami.

Mengutip dari Stylecraze (stylecraze.com), minyak zaitun mengandung banyak kalori yang bisa menambah berat badan Anda. 16 ons minyak zaitun setara dengan kebutuhan kalori Anda selama dua hari. Hal itu menunjukkan bahwa sebaiknya jangan memasak hidangan menggunakan minyak zaitun.

Jika Anda tetap ingin memakai minyak zaitun, cobalah untuk hanya menggunakannya sebagai topping agar lebih aman. Tak hanya itu, minyak zaitun juga memiliki banyak lemak jenuh tunggal. Artinya, terlalu sering mengonsumsi minyak zaitun bisa menyebabkan banyak penyakit.

Mulai dari serangan jantung, obesitas, stroke, kanker payudara, dan lain sebagainya. Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak efek minyak zaitun lain yang berpengaruh pada kesehatan organ, kulit, dan kondisi tubuh Anda secara keseluruhan.

Baca Juga: Catat! Ini efek samping dan manfaat kunyit yang harus Anda ketahui

Menyebabkan Jerawat

Minyak zaitun adalah salah satu jenis minyak yang tidak mudah terserap kulit sehingga dapat menyumbat pori-pori. Jika Anda menggunakan minyak zaitun terlalu sering, ada lebih banyak sebum, debu, dan jenis kotoran lain yang tersangkut di kulit Anda.

Hal itulah yang membuat munculnya jerawat menjadi lebih sering. Untuk menghindari hal tersebut, cukup gunakan minyak zaitun sebanyak dua kali dalam seminggu untuk melembabkan dan melembutkan kulit Anda.

Menimbulkan Ruam

Efek samping minyak zaitun selanjutnya yang disebutkan oleh Stylecraze adalah jenis minyak tersebut mampu memicu munculnya ruam, apalagi bagi pemilik kulit berminyak. Banyaknya produksi minyak Anda dapat menimbulkan ruam, iritasi, dan kemerahan saat terkontaminasi dengan minyak zaitun.

Baca Juga: Cocok mengatasi kulit kering, inilah 4 manfaat alpukat

Menyumbat Kantong Empedu

Selain beberapa hal di atas, mengonsumsi minyak zaitun dalam jumlah berlebih juga bisa menyumbat kantong empedu, lo. Jumlah lemak berlebih yang ditambah dengan minyak zaitun bisa mengeluarkan cairan empedu yang mengemulsi lemak. Hal itulah yang membentuk batu ginjal dan membuatnya terasa sakit.

Menyebabkan Diare

Diare adalah salah satu efek samping minyak zaitun.

Diare jadi efek samping minyak zaitun lainnya yang sebaiknya Anda perhatikan pula. Kandungan lemak yang tinggi dalam minyak zaitun dapat mengganggu sistem pencernaan sehingga Anda mengalami diare.

Selanjutnya: 3 Manfaat masker kopi terbaik ini tidak boleh Anda lewatkan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru