4 Hal ini bisa jadi penyebab radang usus besar, Anda harus waspada

Jumat, 22 Januari 2021 | 19:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Hal ini bisa jadi penyebab radang usus besar, Anda harus waspada


KESEHATAN - Radang usus besar atau colitis adalah inflamasi yang terjadi pada dinding usus besar Anda. Anda perlu mewaspadai penyebab tersebut supaya kesehatan tubuh Anda terjaga.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan radang usus besar. Mulai dari infeksi, hingga alergi. 

Selain itu, penting pula bagi Anda untuk memerhatikan gejala colitis. Anda dapat mengalami diare yang biasanya bercampur dengan darah, demam, mual, kembung, sakit perut, kelelahan, dan berat badan yang turun tanpa sebab.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter agar mendapat perawatan yang sesuai. Selain itu, jangan lupa untuk menghindari penyebab colitis supaya kusahatan Anda tidak terganggu.

Infeksi

Healthline menyebutkan, infeksi virus, bakteri, dan parasit bisa menyebabkan radang usus besar. Biasanya, Anda mengalami infeksi tersebut dari makanan atau minuman yang terkontaminasi dan kebersihan lingkungan yang tak terjaga.

Baca Juga: Kanker pankreas, komplikasinya perlu Anda waspadai

Inflammatory bowel disease

Inflammatory bowel disease atau IBD adalah penyebab colitis lainnya yang perlu Anda perhatikan. Ada banyak jenis penyakit yang tergolong dalam IBD dan dapat menyebabkan colitis.

Namun, penyakit crohn adalah salah satu jenis penyakit yang umum terjadi. Penyakit crohn adalah kondisi peradangan dalam saluran pencernaan.

Hal itu menunjukkan, usus besar juga bisa mengalaminya. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.

Alergi

Mengutip dari Healthline, reaksi alergi juga dapat menyebabkan peradangan pada usus Anda. Tapi, masalah tersebut lebih sering dialami oleh bayi daripada orang dewasa.

Biasanya, reaksi tersebut terjadi saat bayi alergi terhadap protein dalam susu sapi. Salah satu gejala adanya peradangan usus adalah bayi mengeluarkan feses bercampur dengan lendir atau darah.

Jika terus dibiarkan, kondisi bayi bisa menjadi lebih buruk. Misalnya, bayi mengalami anemia hingga malnutrisi.

Baca Juga: Catat! ini daftar makanan dan minuman yang memicu diare

Obat

Radang usus besar juga bisa disebabkan oleh jenis obat tertentu, lo. Umumnya, masalah sistem pencernaan itu lebih banyak diakibatkan oleh obat antiinflamasi nonsteroid.

Orang tua atau mereka yang terbiasa mengonsumsi jenis obat itu lebih berisiko mengalami colitis.

Untuk menghindari penyebab-penyebab tersebut, ada baiknya untuk menerapkan pola hidup sehat. Cobalah untuk berhenti merokok dan tidak mengonsumsi alkohol berlebih.

Selain itu, pastikan untuk menjaga kebersihan makanan dan alat makan.

Selanjutnya: Yuk, waspadai penyebab dan gejala penyakit crohn

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru