5 Khasiat jahe merah ini berguna untuk kesehatan Anda

Selasa, 16 Maret 2021 | 21:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Khasiat jahe merah ini berguna untuk kesehatan Anda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu khasiat jahe merah adalah digunakan sebagai obat herbal berbagai macam penyakit. Manfaat itu berasal dari berbagai macam nutrisi yang terkandung dalam jenis rempah itu. Mulai dari antioksidan, antibakteri, antiinflamasi, dan lain sebagainya.

Jahe merah bisa Anda gunakan sebagai obat sakit kepala, lo. Bahan alami itu mampu menghangatkan tubuh dan memiliki aroma khas. Jadi, tubuh Anda menjadi lebih rileks sehingga sakit kepala berkurang.

Selain jadi obat sakit kepala, masih banyak manfaat lain yang dimiliki oleh jahe merah. Mulai dari menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, meredakan nyeri otot, mengatasi masalah sistem pencernaan, dan lain sebagainya.

Meredakan Nyeri Otot

Khasiat jahe merah berguna untuk meredakan nyeri otot. Seperti yang telah dikatakan, jahe merah mengandung banyak antiinflamasi. Kandungan itu mampu menghambat produksi enzim penyebab inflamasi di otot.

Melansir dari Benefits Of (benefits-of.com), nyeri otot yang dirasakan atlet berkurang setelah mengonsumsi ekstrak jahe merah selama 10 hari. Selain meredakan nyeri otot, jenis rempah itu juga berguna untuk mengurangi gejala osteoartritis.

Baca Juga: 5 Bumbu dapur yang efektif menurunkan kolesterol tinggi

Mengatasi Masalah Sistem Pencernaan

Manfaat jahe merah selanjutnya adalah mengatasi masalah pada sistem pencernaan Anda. Antibakteri dalam jahe merah mampu melawan serangan bakteri jahat dan melindungi bakteri baik dalam sistem pencernaan Anda.

Cobalah untuk mencampur jahe merah pada makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Kandungan dalam jahe merah mampu menghangatkan tubuh sehingga menyembuhkan flu atau pilek yang sedang Anda alami. Bahkan, menambahkan jahe merah dapat mencegah Anda dari keracunan makanan.

Meningkatkan Kesuburan Pria

Benefits Of mengatakan bahwa jahe merah berguna untuk meningkatkan kesuburan pria. Hal itu disebabkan karena banyaknya antioksidan yang terkandung dalam jenis rempah tersebut. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikan khasiat jahe merah itu.

Baca Juga: 6 Manfaat jahe untuk Anda, bisa mengatasi nyeri haid

Menurunkan Berat Badan

Salah satu khasiat jahe merah adalah menurunkan berat badan Anda.

Jika Anda mencari cara menurunkan berat badan, cobalah untuk mengonsumsi jahe merah secara rutin. Anda tidak perlu khawatir karena jenis rempah itu mengandung sedikit kalori. Jadi, cukup aman jika dikonsumsi secara rutin. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan, ya.

Menjaga Kesehatan Jantung

Jumlah kolesterol dan trigliserida yang tidak terkontrol dapat membahayakan kondisi kesehatan jantung. Maka dari itu, cobalah untuk mengonsumsi jahe merah. Kandungan dalam jahe merah mampu menurunkan jumlah kolesterol dan trigliserida sehingga kondisi kesehatan jantung bisa lebih terjaga.

Selanjutnya: 13 Obat herbal yang efektif meredakan batuk

Editor: Belladina Biananda
Terbaru